Breaking

Post Top Ad

8/31/2022

Semakin Maksimal Tiga Pilar Balongpanggang Dalam Menekan Penyebaran Penyakit PMK.

Gresik, pokokpudak.com


Penyakit Mulut Dan Kuku Hingga saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat di Kabupaten Gresik, diakibatkan penyakit yang menyerang pada hewan ternak ini dapat mengakibatkan kematian dan tingkat penyebarannya sangat cepat, sehingga merugikan para peternak khususnya. Selasa(30/8/2022).


Menyikapi hal ini, Tiga Pilar Kec amatan Balongpanggang yang didalamnya terdapat, Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang, babinkamtibmas, perangkat kecamatan serta BPBD Kab.Gresik. melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Pasar Hewan, dengan harapan penyebaran penyakit PMK dapat teratasi hingga maksimal.


Nampak Serda Rochmad, Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang yang turut membantu petugas dalam melakukan penyemprotan, dirinya mengatakan selain dilakukan penyemprotan, juga dihimbau kepada masyarakat maupun para peternak untuk tetap memperhatikan faktor kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya.


“Kami menghimbau kepada para peternak, apabila ada hewan ternak yang mengalami gejala PMK agar segera melaporkan kepada mantra hewan atau petugas, agar segera mendapat penanganan dan tidak sampai menyebar ke hewan yang lainnya, selain itu pastikan kondisi asupan makanan dan gizi hewan diberikan dengan baik”.tuturnya.


Sambungnya, “Saya yakin semua masyarakat dan para peternak berharap penyebaran penyakit pada hewan ternak bisa teratasi dan segera usai, karena penyakit ini sangat merugikan, contoh saja harga 1 ekor sapi dipasaran mencapai kurang lebih 15 hingga 20 jutaan, nah kalau terpapar dan mati khan peternak sangat rugi, itu baru 1 ekor kalau lebih dari itu apa tidak semakin rugi, maka dari itu kami terus ingatkan para peternak untuk rutin memperhatikan hewan ternaknya”. Pungkas Rochmad. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads