Breaking

Post Top Ad

8/18/2022

Wabup Bu Min Lepas Kirab : Tanamkan Spirit Muharram dan Kemerdekaan

Gresik, pojokpudak.com


Ribuan santri-santriwati dari Yayasan Pondok Pesantren Qomaruddin (YPPQ) Bungah Kabupaten Gresik mengikuti kirab peringatan tahun baru Hijriyah 20 muharam 1444 H dan kemerdekaan republik Indonesia ke-77 tahun 2022 pada, Kamis (18/8/2022).


Mengambil tema _Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah dan HUT Republik Indonesia, Kita Perkuat Ukhuwah  Wathoniyah Untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat_ itu di lepas secara langsung Wakil Bupati Gresik Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd dari halaman YPPQ.


Wakil Bupati Gresik dalam sambutannya menyampaikan, Spirit Muharam dan kemerdekaan mengajarkan kepada kita sebagai bangsa Indonesia yang mayoritas umat Islam untuk selalu memperkuat ukhuwah islamiyah, wathoniyah, insaniyah, sebagai sebuah bangsa yang satu walaupun berbeda-beda agama, suku dan budaya, "Ujar Wabup sebelum memberangkatkan peserta kirab.


"Alhamdulillah dengan semangat kemerdekaan kita bisa memberikan penghormatan kepada para pahlawan kita dengan cara seperti ini sekaligus memperingati tahun baru Islam. Untuk itu kita dapat mempertahankan mengisi kemerdekaan dengan cara masing masing salah satunya dengan cara belajar yang sungguh-sungguh, "Tuturnya.


Sebagaimana diketahui bersama bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia sebenarnya tidak lepas dari peran ulama dan para santri. Ini sudah tidak diragukan lagi, bahwa para santri mempunyai andil atau peranan yang besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, ”Ungkap Bu Min sapaan akrab Wakil Bupati Gresik.


"Anak-anak harus bisa menjadi santri yang baik dimana selain kita bisa ngaji juga harus bisa mengikuti pelajaran lainnya serta harus bisa menjadi pemimpin di daerah masing-masing, "Pesannya.


Mantan kepala sekolah SMK Asa'adah itu juga mengemukakan, Selain bangga menjadi santri harus bangga menjadi bangsa Indonesia. "Mari kita besarkan Bangsa Indonesia Khususnya di Kabupaten Gresik," Tambahnya.


Spirit Muharram dan kemerdekaan menjadi daya dobrak untuk terus memperbaiki kualitas diri dan terus memupuk semangat kemerdekaan agar Indonesia mampu berdiri tegak dalam menghadapi segala tantangan dan perubahan jaman," Imbuhnya.


"Pesantren merupakan sebuah institusi pendidikan yang bertujuan untuk membentuk santri yang mampu berkiprah dalam kehidupan bermasyarakat," Tutup Wabup Bu Min.


Dalam kegiatan itu, para peserta kirab menempuh perjalanan dengan jalan kaki dari depan gerbang SMA As'aadah - Jl. Masjid Jami' Kyai - Muhajirin - Nongko Kerep.


Sesampainya di finish yakni Halaman YPPQ Bungah, Kegiatan diisi dengan berbagai lomba serta sudah disiapkan ratusan doorprice untuk peserta kirab peringatan tahun baru Hijriyah dan kemerdekaan republik Indonesia.


Hadir dalam kegiatan ini Pengurus YPPQ K.H Nawawi Sholih, Ketua Pondok Pesantren Qomaruddin K.H Alauddin, K.H Abdul Kholik Sholih dan jajaran pengurus YPPQ. (Dvd/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads