Breaking

Post Top Ad

8/30/2022

Wujudkan Ketahanan Pangan, Prodi Sarjana Terapan TRI PENS Serahkan Alat Smart Agriculture ke Gapoktan Desa Kalipadang

Gresik, pojokpudak.com


Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet (TRI) -Politeknik Elekteronika Negeri Surabaya (PENS) menyerahkan sebuah alat pertanian "Smart Agriculture" ke gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Kalipadang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Selasa (30/8/2022).


Penyerehan hibah yang bertempat di balai desa tersebut merupakan komitmen PENS dalam rangka pengabdian ke masyarakat guna mewujudkan ketahanan pangan berbasis Lora. 


Pada kesempatan itu, Moch Zen Samsono Hadi selaku ketua program studi rekayasa internet yang didapuk sebagai narasumber menjelaskan bagaimana fungsi dan cara kerja alat pintar tersebut. 


Setelah menjelaskan, Zen bersama timnya langsung mempraktekan bagaiman alat canggih itu bekerja. Gapoktan dan perangkat desa nampak serius memperhatikan alat itu bekerja.


Ketika dikonfirmasi setelah acara, Zen mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat menghibahkan alat tersebut untuk monitoring kondisi lahan pertanian yang ada di Desa Kalipadang. 


Ia menuturkan, respon dari masyarakat sangat antusias. Mereka tertarik dengan adanya alat ini. Bahkan, ada masyarakat meminta dibuatkan alat khusus yang bisa langsung digunakan untuk monitoring lahan mereka.


Mengenai bentuk dan kegunaan alat tersebut, Zen menjelaskan alat itu terdapat beberapa sensor untuk mendeteksi kondisi lahan. " ada 7 sensor yang kita gunakan disini. Seperti suhu, kelembaban, hara tanah, juga termasuk unsur NPK di suatu tanah. Dan dari alat ini nanti bisa mengirim data dari jarak 10 km dan langsung muncul di suatu website", ungkapnya. 


ia berpendapat,  alat ini juga berguna bagi petani yang memiliki putra-putri namun susah diajak bertani. " Dengan adanya alat ini yang bisa terhubung ke aplikasi memudahkan mereka mengontrol lahan pertaniannya", ujarnya. 


Zen berharap penyerahan hibah alat pertanian ini dapat digunakan dan dikembangkan sehingga bisa meningkatkan produktivitas lahan pertanian. 


Sedangkan Ketua Gapoktan Desa Kalipadang Sunarto mengapresiasi penyerahan alat tersebut karena dengan adanya alat canggih seperti ini diharapkan dapat menjalankan pertanian yang lebih maju bagi masyarakat. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads