Breaking

Post Top Ad

10/19/2022

Bupati Gresik," Sudah Di Evaluasi, Dalam Waktu Dekat Pasar Hewan Bakal Di Buka,"

Gresik, pojokpudak.com


Sebentar lagi ada kabar melegakan bagi para pedagang hewan, yang hampir lima bulan lalu terbelenggu karena ada kebijakan penutupan pasar hewan menyusul wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 


Dimana nantinya Pemkab berencana bakal membuka kembali pasar hewan. Insyaallah dalam waktu dekat dan kayaknya dalam Minggu Minggu ini. Pasar hewan bakal di buka di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat di konfirmasi ketika usai mengikuti Soft Launching Kampung Zakat Produktif di  Balai Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Selasa (18/10/2022).


Karena baginya, dimana pasar hewan tersebut sudah di evaluasi dan dalam waktu yang secepatnya bakal kita buka. Tegasnya. 


Dimana di beritakan sebelumnya, Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Balongpanggang Drh. Apriliwiyani Niken Hastuti mengungkapkan," Untuk usulan membuka kembali pasar hewan ini sudah ia sampaikan secara lisan kepada Dinas," Katanya.


Dimana untuk kasus sekarang ini sudah mulai melandai, untuk Kabupaten Gresik, di mana untuk bulan September tersebut tambahan kurang lebih 86 ekor, dan dimana ini untuk bulan Oktober ini cuma dua ekor dan tidak ada tambahan lagi. 


Lebih jauh Niken sapaan akrab menuturkan," Yang mana jumlah total dari awal ada sekitar 5.660 ekor, dengan tingkat kesembuhan sudah hampir 80%," 


Disini kita selalu mempercepat vaksinasi, dan di tahap tiga sendiri kita dapat target sekitar 18, 750 dosis, dimana capaian kita sampai hari ini vaksinasi itu hampir 12.900 jadi muda mudahan dengan adanya jumlah ternak yang tervaksin dan jumlah kasus yang mulai melandai. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk Bapak Bupati bisa membuka kembali pasar sapi tersebut. Tambahnya. 


Sementara itu Camat Balongpanggang M. Amri menuturkan, Dimana di pasar sapi Kedungpring ini memang biasa untuk transaksi jual beli hewan khususnya kambing dan sapi, di setiap hari Selasa yang biasa menjadi kegiatan rutinitas dalam tiap minggunya, jadi para pedagang maupun tengkulak dan pembeli dan lain sebagainya, melakukan transaksi jual beli hewan sapi dan kambing.


Masih M. Amri," Dimana aspirasi dari para pedang atau tengkulak tersebut mengharapakan agar pasar hewan yang terutamanya ada di Balongpanggang baik itu seperti Pasar hewan Kedungpring dan pasar hewan Balongpanggang dapat di buka kembali secara maksimal sehingga mereka dapat melakukan kegiatan aktifitasnya sehari hari dengan normal.


Sebab perlu di ketahui dimana pasar hewan tersebut tutup hampir lima bulanan, di fakumkan dulu untuk melakukan transaksi jual beli hewan khususnya sapi dan kambing. 


Memang di mana hewan yang di jual belikan di pasar hewan tersebut dalam kondisi sehat dan layak untuk dilakukan jual beli, dan untuk Puskeswan sendiri selalu tetap kontrol walaupun ini agak sedikit fleksibel. Dimana Muspika disini tidak ingin menutup mata pencarian dari pedagang maupun tengkulak yang ada di pasar hewan Kedungpring atau pasar hewan Balongpanggang.


Karena yang mana ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian yang berada khususnya di wilayah Kecamatan Balongpanggang.


Lanjut Amri," Insyaallah secepatnya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait guna menyikapi kondisi yang ada, guna menentukan langkah-langkah. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads