Breaking

Post Top Ad

10/19/2022

Bumdesma Bungah Jadi Jujugan Ratusan Anggota PAPDESI Gorontalo Sulawesi Utara Belajar Tata Cara Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM Mandiri Perdesaan

Gresik, pojokpudak.com


Keberhasilan BUMDesma Bungah Mandiri menjadi Pilot projek se-Indonesia, bahkan dikunjungi langsung oleh Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar memang patut diteladani. Hal inilah yang dilakukan ratusan anggota Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara. 


Tidak tanggung-tanggung, rombongan PAPDESI dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Kabupaten Gorontalo Darmawan Usman, S.P, M.Si didampingi Ketua PAPDESI Wowiling Habibullah, S.IP dan Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Gorontalo Riyon W. Ali, S.Pd.


"Kunjungan kami dengan mengajak 157 orang dari unsur kepala desa, BPD, dan perangkat desa yang tergabung dalam PAPDESI untuk menimba ilmu dan pengalaman ke BUMDes Bersama "Bungah Mandiri" terkait transformasi eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) perdesaan ke BUMDesma sesuai Permendes 15 Tahun 2021," terang Kadis PMD Gorontalo, Selasa (18/10/2022). 


Dalam kunjungan tersebut, dihadiri perwakilan dari Dinas PMD Kabupaten Gresik Fatin, S.Ag, Camat Bungah M Munir, Muspika dan seluruh pengurus serta anggota BUMDesma Bungah Mandiri. Acara dilanjut dengan diskusi yang dimoderatori H Amali. Sedangkan sebagai narasumber, yakni M. Yasin selaku Direktur Bumdesma Bungah Mandiri dan Yoqik  (Direktur Bumdesma Sidayu Sejahtera) tentang Sinergitas Bumdesa dengan Bumdesma. Tak hanya itu, tamu agung dari Gorontalo ini juga disambut dengan tari tradisional kepangan dari Desa Kisik Bungah. 


Direktur Bumdesma Bungah Mandiri M Yasin menyambut baik kunjungan dari ratusan Aparatur Pemerintah Desa yang tergabung dalam PAPDESI Kabupaten Gorontalo Sulawesi Utara ini. Semoga diskusi terkait Permendes 15 Tahun 2021 tentang tata cara pembentukan dan pengelolaan kegiatan dana bergulir masyarakat eks PNPM Mandiri Perdesaan menjadi BUMDesma bisa diterapkan di Gorontalo. 


"Saat ini aset yang dimiliki mencapai Rp. 8,1 Miliar. Angka ini naik berkali-kali lipat karena pada 2014, aset hanya Rp 2,1 miliar. Bahkan, Bumdesma Bungah Mandiri masuk  7 besar terbaik se-Indonesia sehingga menjadi percontohan. Hal ini patut disyukuri," tandas Yasin di hadapan ratusan Aparatur Pemerintah Desa yang tergabung dalam PAPDESI Kabupaten Gorontalo Sulawesi Utara, Rabu (19/10/2022). (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads