Breaking

Post Top Ad

10/19/2022

Cegah Infeksi Virus PMK, Babinsa Bantu Pelaksanaan Vaksinasi Hewan Ternak di Wilayah

Gresik, pojokpudak.com


Terkait dengan antisipasi penyebaran virus PMK, Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan Peltu Mukh Nasir membantu Dinas Peternakan Daerah dalam pemberian vaksin kepada hewan ternak Sapi milik warga di Dusun Kaliombo Desa Tambakrejo Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Rabu (19/10/2022).


Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit menular yang menjangkit hewan ternak seperti sapi dan kambing. Virus PMK bersifat menular pada hewan ternak ini dapat terjadi melalui perantara berupa angin.


Selain itu, makhluk hidup dan tak hidup yang berkontak dengan virus tersebut juga dapat menjadi perantara penularan virus pada hewan ternak. 


Saat membantu pelaksanaan vaksinasi hewan, Peltu Mukh Nasir mengatakan,"Ciri umum yang mudah untuk dijumpai pada hewan ternak yang telah terinfeksi PMK antara lain mengalami demam, menggigil, hingga kehilangan nafsu makan, produksi air liur yang berlebihan, ada luka pada bagian lidah dan kuku."ucapnya 


"Adanya vaksin bertujuan untuk mencegah serta mengurangi penularan penyakit menular kuku dan mulut pada hewan ternak khususnya sapi di Desa Tambakrejo. 


Kami sebagai Babinsa berharap kepada Peternak yang ada di wilayah agar tetap menjaga kebersihan kandang serta lingkungan sekitar, dengan mempunyai lingkungan yang bersih dapat memberikan manfaat kesehatan bagi kita maupun hewan ternak."Pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads