Breaking

Post Top Ad

10/24/2022

Dukung Konservasi Mangrove di Kawasan Pesisir Ujungpangkah

Gresik, pojokpudak.com


Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos bersama rombongan dari PT Smelting mengunjungi konservasi Mangrove di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Senin (24/10/2022).


Mangrove merupakan salah satu pohon yang memiliki beragam manfaat untuk lingkungan. Mangrove atau yang biasa disebut pohon bakau merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah pinggiran pantai. Namun dewasa ini pertumbuhan hutan mangrove semakin menurun, banyak faktor yang menyebabkannya seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat hutan mangrove sehingga banyak penebangan.


Ada beberapa manfaat mangrove untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, seperti dapat mencegah erosi, sebagai tempat habitat ikan maupun spesies seperti udang, kepiting dapat berkembang biak dengan baik di kawasan mangrove. Disamping itu manfaat lain dari hutan mangrove yaitu dapat mencegah pemanasan global serta dapat menyeimbangkan iklim.


Saat ditemui, Bapak Wawan selaku direktur PT. Smelting mengatakan,“Konservasi mangrove merupakan bentukan konkrit yang dilakukan mulai tahun 2014. Dari nol hingga kini sampai 5 hektar kawasan penanaman mangrove sudah dilakukan dan setiap tahun kami akan menambah penanaman bibit mangrove.”katanya.


Di lokasi yang sama, Dandim Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos menyampaikan dukungannya dalam kegiatan konservasi mangrove.”Kegiatan konservasi mangrove merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi lingkungan maupun untuk masyarakat. Dalam menghidupkan lagi konservasi mangrove, TNI AD khususnya Kodim 0817/Gresik akan mendukung penuh dalam setiap kegiatannya dan akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk siap membantu dalam melestarikan lingkungan untuk menjadi lebih baik.”pungkasnya. (Td/Dyo(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads