Breaking

Post Top Ad

10/08/2022

Peringatan Maulid Nabi dan Sedekah Bumi, Puluhan Tumpeng Raksasa Ludes Direbutkan

Gresik, pojokpudak.com


Ratusan warga Desa Dapet dan warga sekitarnya tumpah ruah, saling berebut tumpeng yang berisi aneka hasil bumi dan jajanan di halaman makam Mbah Ronggo Desa Dapet Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Sabtu (8/10/2022) siang. 


Acara tersebut merupakan puncak perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Sedekah Bumi. Warga pun rela menunggu untuk mengikuti prosesi arak-arakan puluhan tumpeng raksasa.


Tak heran banyak warga memadati sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan puluhan tumpeng dan bendera merah putih raksasa.


Ketika puluhan tumpeng raksasa itu lewat, mereka berusaha mendekat untuk mengambil makanan dari gunungan tersebut.


Petugas keamanan dan panitia pun bekerja cukup untuk menghalau warga. Beberapa kali petugas dan panitia mengimbau warga agar bersabar dan tidak berebut dulu karena puluhan gunungan itu akan didoakan lebih dulu di makam Mbah ronggo. 


Sesampai di halaman makam Mbah Ronggo, puluhan gunungan segera didoakan. Dalam hitungan menit, gunungan itu ludes diperebutkan warga.


Meskipun saling berebut, warga terlihat gembira. Yang tidak kebagian atau tidak sempat berebut pun terlihat senang-senang saja. Mereka malah mengambil bahan-bahan makanan atau hiasan gunungan yang jatuh ke tanah.


" Saking banyaknya saya ndak bisa mendekat, Kata Nia salah satu warga Desa Dapet, namun saya senang, semangat karena bisa ikut berebut, dan mendapatkan buah naga, terong, kacang, pisang dan jajan pasar. 


Untuk itu kami berharap agar tahun depan bisa lebih meriah, kompak lagi demi kemajuan Desa Dapet. Katanya. 


Perlu di ketahui, di tengah tengah acara tersebut, Manajer Bisnis Mikro BRI Gresik Hasanudin memberikan hadiah kepada tumpeng gunungan terbaik dan alami.  


Dan lebih jauh Hasanudin menjelaskan kenapa di menangkan oleh RT 3 juara satu, karena dimana gunungan tersebut alami dari hasil bumi, dan tampilannya kerucut seperti tumpeng, serta tidak ada seperti jajan jajan, tapi semua itu dari hasil bumi. Tambahnya. 


Selain Anggota DPRD Gresik  Safi'am, Muspika Balongpanggang dan Kades Dapet Siswadi hadir pula Kades Klotok Suheri, Kades Ganggang Awi, Kades Wahas H. Maskur, Kades Tanahlandean Feri, Kades Wonorejo Roto, perangkat desa serta masyarakat Desa Dapet. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads