Breaking

Post Top Ad

10/03/2022

Mantap !!! Arak-arakan Tumpeng Raksasa Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Kletak

Gresik, pojokpudak.com

Dua tahun lebih Negara Indonesia dilanda wabah Virus Covid-19 sehingga  mengakibatkan kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah banyak seperti tradisi sedekah bumi terpaksa ditiadakan.


Namun, ketika wabah itu terkendali, acara sedekah bumi yang merupakan tradisi masyarakat jawa kembali menggeliat. Salah satunya di Dusun Kletak, Desa Putatlor, Kecamatan Menganti yang menyelenggarakan sedekah bumi, Sabtu (1/10/2022). 


Warga setempat menyelenggarakan sedakah bumi tersebut dengan penuh semangat dan suka cita. Mereka sangat antusias membawa tumpeng raksasa hasil bumi yang dihias dengan berbagai macam model untuk di arak keliling dusun. Kekompakan dan keguyuban warga sangat terasa dalam kegiatan tahunan tersebut.


Madun selaku salah satu perangkat desa ketika ditemui mengatakan selain arak-arakan, serangkaian acara lainnya dalam sedekah bumi itu meliputi pagelaran wayang kulit yang dilaksanakan pada siang hari. Kemudian malam hari warga dihibur kesenian ludruk dari Kabupaten Jombang. 


Ia mengaku sangat senang lantaran masyarakat sangat antusias mengikuti sedekah bumi tersebut. " masyarakat sangat antusias. Mereka melakukan apapun untuk mensukseskan acara. patungan dana, pikiran dan tenaga semuanya disalurkan. Yang penting bagaimana caranya acara ini bisa sukses",  katanya.

Oleh sebab itu, Madun berharap gebyar sedekah bumi ini bisa bermanfaat bagi warga dusun Kletak. Ia juga berharap sedekah bumi tahun depan lebih meriah dari tahun ini. " untuk arak-arakan rencananya kita lombakan tahun depan supaya lebih meriah", pungkasnya. (Ags/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads