Breaking

Post Top Ad

10/02/2022

Babinsa Bungah Tingkatkan Semangat Peternak Kambing Etawa di Desa Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Kegiatan anjangsana di wilayah binaan kerap dilakukan Babinsa guna berkomunikasi langsung dengan masyarakat sehingga bisa mengetahui perkembangan situasi yang ada di masyarakat. Seperti yang dilakukan Sertu Tugianto salah satu Babinsa Koramil 0817/15 Bungah saat melaksanakan anjangsana menemui warga binaan Bpk.Khusnul yang mempunyai usaha tambahan berternak kambing etawa di Desa Indrodelik, Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Minggu (2/10/2022).


Dalam kegiatan tersebut, terlihat keakraban Babinsa Sertu Tugianto saat berkomunikasi dengan warga binaannya.


"Ternak kambing adalah pekerjaan setiap hari saya waktu dirumah sepulang mencari penumpang di pasar dengan kendaraan becak motor. Alhamdulillah dengan ternak kambing dapat menambah penghasilan untuk menghidupi keluarga selama ini.”kata Bpk. Khusnul saat ditemui Babinsa.


Lanjutnya, “Dalam waktu satu tahun satu kambing betina bisa beranak 3 ekor, kemudian pada saat lebaran kurban satu ekor kambing jantan bisa laku dijual dengan harga 6 juta itupun tergantung besar kambingnya.”paparnya.


Di lokasi yang sama, Sertu Tugianto mengatakan,”Saya menghimbau kepada Bpk. Khusnul tetap semangat dalam bekerja dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang agar hewan ternak tidak rentan terserang penyakit virus PMK yang sempat mewabah, sebab apabila hewan ternak terkena virus PMK dapat menimbulkan kematian pada hewan dan peternak pasti menanggung kerugian. 


Disamping itu saya menyarankan agar Khusnul bisa mengolah limbah kotoran hewan ternak untuk dijakan pupuk kandang, sehingga bisa dijual dan dapat menambah penghasilan.”ujarnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads