Breaking

Post Top Ad

10/03/2022

Pembinaan dan Pengembangan Paud Holistik Integratif Pada Satuan Paud, Begini Pesan Bunda Paud Kabupaten

Gresik, pojokpudak.com


Bertempat di Pendopo Kecamatan Balongpanggang kegiatan yang bertemakan," Pembinaan dan Pengembangan Paud Holistik Integratif Pada Satuan Paud," yang di hadiri oleh Bunda Paud Kabupaten Gresik, Hj. Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani dan Kasi Kurikulum Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Nur Hamida.


Dan tampak hadir pula Bunda Paud Kecamatan Balongpanggang Zur'ah, Camat Balongpanggang M. Amri, Sekcam Balongpanggang Nursalim dan seluruh Bunda Paud seluruh Kecamatan Balongpanggang serta banyak lainnya. Senin (3/10/2022) pagi. 

Mengawali sambutannya Bunda Paud Kabupaten Gresik, Hj. Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani menuturkan dengan adanya kegiatan ini nantinya di harapkan anak anak yang berkualitas, berkarakter, pintar, sehat dan anak anak yang tidak stanting. 


Untuk mewujudkan PAUD Holistik Integratif membutuhkan keterlibatan lintas sektoral dengan pembagian kerja yang jelas dan terstruktur untuk mewujudkan PAUD yang lebih optimal, sehingga nantinya akan melahirkan anak anak yang berkualitas.


Berbagai langkah strategi yang dilakukan ini adalah semangat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Investasi pada anak usia dini adalah investasi terbaik untuk masa depan dan merupakan kunci dari pembangunan berkelanjutan, maka dari itu, urusan Layanan PAUD merupakan urusan semua orang, semua lembaga, tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah. 

Ditempat sama Bunda Paud Kecamatan Balongpanggang  Zur'ah mengatakan," Dimana tujuan kegiatan tersebut adalah memperluas dan meningkatkan akses dan mutu layanan paud bagi anak usia dini, mulai usia 0 - 6 tahun, melalui berbagai program paud baik TK, KB, TPA maupun SPS yang di selenggarakan secara terpadu, holistik dan Integratif dengan melibatkan pemangku kepentingan yang terkait dengan layanan pendidikan, kesehatan gizi, pengasuhan dan perlindungan bagi anak usia dini di lembaga lembaga layanan paud. Terangnya.

Camat Balongpanggang M. Amri Mengucapkan kepada bunda paud yang di kukuhkan, untuk itu kami berharap layanan paud tersebut menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. 


Kenapa saya berharap sedemikian rupa karena kita ketahui bahwasanya anak anak kita tersebut adalah generasi generasi penerus penerus selanjutnya. Yang nantinya mau di bawa kemana selanjutnya  anak tersebut, karena mereka yang meneruskan perjuangan kita. Sehingga harapan besar sekali mulai dari sedini mungkin, kalian kalian selaku bunda paud.


Ingat usia paud adalah usia produktif, dimana usia tersebut secara fisik dan perkembangan otak tentu saja di situ mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dan disinilah peran serta bunda paud yang di tuntut, karena apa, karena anak akan melakukan study time terhadap lingkungan kita.


Oleh karena itu di harapkan melalui pembinaan ini, mari kita buka wawasan kita pencerahan kita sehingga nantinya arah anak anak kita, semakin lebih baik. 


Lebih jauh Amri menjelaskan," Perlu di ketahui semakin lebih baik ini tidak dari kwalitas kesehatan namun harus juga di ikuti dengan pendidikan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari hari, makanya bunda paud yang Holistik Integratif, karena dimana Integratif ini berbicara secara menyeluruh, termasuk unsur yang terkait yang terlibat termasuk yang di dalamnya seperti dinas pendidikan dan dinas kesehatan BLKB dan sebagainya, sehingga ibu ibu hari ini bunda paud secara Holistik Integratif.


Tidak hanya itu orang nomer satu di Kecamatan Balongpanggang mengatakan," Untuk itu di harapkan setelah pulang ini, agar nantinya langka langka yang harus di ambil semakin matang, mulai dari penyusunan programnya seperti apa, dan pelaksanaannya seperti apa, serta monitoringnya seperti apa. 


Mungkin selanjutnya bisa menjadikan bagian kegiatan rutinitas, untuk mempertemukan satu dengan yang lainnya, dalam hal untuk membahas isu isu up dead yang terbaru sekaligus permasalahan permasalahan yang timbul di harapkan ada solusi. Terlebih evaluasi pelaporannya. Ini bisa di tuangkan, sehingga kita yang berada khususnya di Kecamatan Balongpanggang. Di mana kegiatan paud agar bisa menciptakan generasi yang berkualitas meningkat. Sekaligus juga stanting yang menjadi isu saat ini bisa di lakukan untuk di tekan atau di minimalisir sedini mungkin atau sekecil mungkin, 


Bila perlu kita zero. Dan tak lupa kenapa hal ini hadir, ini adalah termasuk salah satu dari program Nawa Karsanya Pak Bupati Gresik. Artinya dengan program nawa karsa ini mari kita bersama sama dukung programnya. 


Terlepas dari situ kami minta dari semua kades untuk memberi slot pembiayaan terhadap pendekatan kwalitas anak dan perempuan, untuk saya berharap ibu kades mendukung, karena kegiatan tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari pembiayaan.

Ditempat terpisah selesai kegiatan Kasi Kurikulum Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Nur Hamida di konfirmasi terkait Unek unek gajinya dan tidak dapat apa apa dari desanya menjelaskan," Dimana yang selama ini, gaji guru paud itu paling minim, diantara guru guru yang lain, dan pemerintah itu mengkafer gaji itu lewat anggaran lewat BOP, untuk itu di harapkan Pemerintah Desa (Pemdes) juga bisa mengalokasikan anggarannya melalui anggaran PADes atau Anggaran Dana Desa (ADD) untuk alokasi dalam pengembangan Paud. 


Lebih jauh Nur Hamida menjelaskan," Dan alokasi dana tersebut tidak hanya untuk insentif namun untuk pengembangan paud berkualitas, misalnya seperti adanya makanan tambahan yang bergizi serta program program yang di butuhkan oleh Paud. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads