Breaking

Post Top Ad

10/04/2022

TSAWABILAH IRFANAH SISWI MAN 1 GRESIK RAIH JUARA 1 MUSABAQAH HIFDZIL QUR’AN (MHQ) 15 JUZ TINGKAT NASIONAL

Gresik, pojokpudak.com


Setelah beberapa kali siswa MAN 1 Gresik meraih juara dalam bidang olimpiade yang diselenggarakan secara daring dan luring, Hari ini siswa MAN 1 Gresik kembali menorehkan prestasi gemilang. Prestasi berhasil dipersembahkan oleh Tsawabilah Irfanah siswi kelas XII Agama yang menjuarai Musabaqoh Hidfzil Qur’an Putri tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang (UB) pada tanggal 3 Oktober 2022.


Prestasi kali ini merupakan rangkaian prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Tsawabilah Irfanah dalam ajang serupa. Sebelum meraih prestasi ini, ia berhasil memersembahkan prestasi di berbagai lomba MTQ dan MHQ tingkat Nasional dan Internasional. Tentunya hal ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi madrasah dan tentunya Kemenag Kabupaten Gresik, karena memiliki bibit emas dalam bidang Musabaqoh Tilawatil Qur’an.


Siswi yang berdomisili di Desa Bungah tersebut memang merupakan langganan juara dalam ajang MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional. Pada kurun waktu di tahun 2020-2021 saja ia berhasil meraih lebih dari 20 juara tingkat provinsi maupun nasional. Sehingga keberhasilan pada tahun ini merupakan rentetan keberhasilan yang dipersembahkan oleh Tsawabila untuk MAN 1 Gresik.


Pada tahun lalu lomba 𝗚𝗲𝗯𝘆𝗮𝗿 𝗕𝗿𝗮𝘄𝗶𝗷𝗮𝘆𝗮 𝗤𝘂𝗿’𝗮𝗻𝗶 𝗡𝗮𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 diselenggarakan secara online atau daring karena masih dalam situasi pandemi. Pada tahun ini 𝗚𝗲𝗯𝘆𝗮𝗿 𝗕𝗿𝗮𝘄𝗶𝗷𝗮𝘆𝗮 𝗤𝘂𝗿’𝗮𝗻𝗶 𝗡𝗮𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗜𝗫 𝟮𝟬𝟮𝟮 diselenggarakan secara luring atau offline. Dengan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya ini mengangkat tema “𝗧𝗵𝗲 𝗥𝗶𝘀𝗲 𝗼𝗳 𝗔𝗹-𝗤𝘂𝗿’𝗮𝗻 𝗮𝗻𝗱 𝗜𝘀𝗹𝗮𝗺𝗶𝗰 𝗖𝘂𝗹𝘁𝘂𝗿𝗲 𝗨𝗻𝗱𝗲𝗿 𝗧𝗵𝗲 𝗟𝗲𝗮𝗱 𝗼𝗳 𝗜𝗻𝘁𝗲𝗹𝗹𝗲𝗰𝘁𝘂𝗮𝗹 𝗠𝗼𝘀𝗹𝗲𝗺 𝗬𝗼𝘂𝘁𝗵. Adapun lomba yang diselenggarakan meliputi Cabang lomba yang dilombakan sebagai berikut:


Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)


Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ)


Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ)


Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ)


Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ)


Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (MKTIA)


Nasyid Grup


Hadrah Al-Banjari

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan bahwa MAN 1 Gresik terus mendukung siswanya untuk berprestasi di luar madrasah. Beliau berpesan siswa jangan hanya berambisi untuk meraih prestasi akademik di dalam madrasah, namun prestasi juga harus diraih di luar madrasah. 


"Selain untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan diri, apabila siswa tersebut dapat juara, maka sertifikat juara yang dimiliki dapat menjadi sertifikat pendukung ketika mendaftar di PTN," tandas tokoh masyarakat asal Desa Lowayu Dukun Gresik ini, Senin (3/10/2022). 


Atas keberhasilan siswi MAN 1 Gresik menjuarai Musabaqoh Hidfzil Qur’an Putri tingkat Nasional, Kepala Kemenag Kabupaten Gresik Drs. KH. Sahid, MM didampingi Kasi Pendma (Pendidikan Madrasah) Dra. Hj. Masfufah, M.Pd mengucapkan selamat dan sukses. Keberhasilan ini tak hanya mengharumkan MAN 1 Gresik, namun juga mengharumkan Kemenag Gresik. 


"Luar biasa, MAN 1 Gresik ini langganan juara di berbagai kejuaraan ataupun kompetisi, mulai tingkat Kabupaten hingga Internasional. Sukses dan selamat untuk Tsawabilah Irfanah siswi kelas XII Agama MAN 1 Gresik yang berhasil meraih Juara 1 Musabaqoh Hidfzil Qur’an (MHQ) Putri tingkat Nasional," ucap KH. Sahid yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Kemenag Tuban ini. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads