Breaking

Post Top Ad

11/06/2022

Cegah Banjir, Masyarakat Sumengko Bersama Babinsa Benahi Plengsengan Jalan Desa

Gresik, pojokpudak.com


Curah hujan dalam bulan November diprediksi oleh BMKG akan semakin meningkat, sehingga untuk mencegah terjadinya banjir, setiap masyarakat mulai melakukan pembenahan di beberapa sektor yang rawan menimbulkan genangan, diantaranya,  saluran pembuangan air dan jalan desa. Minggu (6/11/2022).


Aksi tersebut juga dilakukan oleh masyarakat Desa Sumengko dengan dibantu oleh Sertu Pujiyanto, selaku Babinsa Koramil 0817/11 Duduksampeyan untuk melakukan pembenahan plengsengan jalan yang berlokasi di RT.11/RW. 04 Desa Sumengko Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. 


Disaat membantu pembenahan plengsengan, Sertu Pujiyanto menyampaikan bahwa, "Plengsengan yang kami benahi ini dengan tujuan agar aliran air saat terjadi hujan bisa mengalir dengan lancar, selain itu agar air pembuangan yang ada di selokan tidak sampai meluber ke jalan, karena air dapat merusak jalan."ujarnya.


"Kerusakan akibat air yang masuk pada retakan-retakan jalan apabila dibiarkan tanpa perbaikan dapat membuat rapuh lapisan-lapisan jalan, Lubang-lubang yang awalnya kecil ini bisa berkembang menjadi lubang-lubang berukuran besar yang dapat membahayakan pengguna bagi pengguna jalan, karena jalan ini merupakan akses utama masyarakat dalam beraktifitas, termasuk ketika menuju ke sawah, maka dari itu kami segera melakukan pembenahan khususnya pada plengsengan atau drainasenya."pungkasnya.


Bersama Babinsa, nampak Kepala Desa Sumengko, H. Mashabi S.Pd dirinya mengatakan, "Dengan Adanya Plengsengan Jalan yang baik, kami berharap Masyarakat Desa Sumengko lebih mudah dalam beraktifitas dan juga dapat digunakan menjadi akses saat mengangkut Hasil Panen Padi maupun kegiatan yang lainnya, dan paling utama mencegah terjadinya Banjir disaat musim penghujan tiba."tuturnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads