Breaking

Post Top Ad

11/01/2022

Ide Cerdas, Kades Dodik Setiawan Lahan Pembuangan Sampah Di Sulap Jadi Taman

Gresik, pojokpudak.com

Ada hal unik yang dilakukan oleh Desa yang satu ini. Dengan melakukan perubahan, inovasi dan ide kreatif datang dari Kepala Desa (Kades) Brangkal Dodik Setiawan, SE, setelah melihat di pinggiran sungai Kali Lamong, banyak suasana tampilan sebagai lahan pembuangan sampah dan tak sedap di pandang, di saat itu ide cerdas muncul membuat inovasi lahan pembuangan sampah menjadi taman. Secuil kata Dodik Setiawan, saat mengawali perbincangannya, Selasa (1/11/2022).


Dimana lokasi tersebut dianggap orang dapat dengan bebas membuang sampah. Nampaknya terlihat jelas mengganggu pemandangan dan penciuman. Sedangkan lokasi tersebut adalah bagian dari wajah utama Desa Brangkal. Hal tersebut, sehingga pekerjaan rumah ini menjadi fokus utama pihak desa dengan berbagai cara.


Masih Dodik Setiawan," Dimana BK APBD kita dapat 1 titik yang dimana aturan berbunyi minimal pembangunan, taman luas tanah 200 M². Dan dalam satu lokasi tidak bisa di usulkan untuk peningkatan atau pembangunan lagi, maka dari itu dimana luas tanah yang semula 457 M², kita pecah menjadi dua usulan, karena di P-APBD, insyaallah habis ini juga dapat, maka progres untuk saat ini yang kita bangun 200 M² masih dalam pengerjaan. Sedangkan di BK P-APBD kita bangun lagi seluas 257 M²," Jelasnya. 


Ya ini kan program kami (Desa Brangkal Red) untuk mensiasati tempat-tempat yang biasa dipakai warga yang suka membuang sampah, mudah mudahan dengan taman baru ini masyarakat bisa sadar dan peduli untuk menjaga lingkungan. 


Kondisi tempat yang kotor dengan sampah, yang banyak terlihat di berbagai tempat, semoga kesadaran akan muncul indah dan tanggung jawab semua warga manusia dimuka bumi. Ujarnya.


Masih orang nomer satu di Brangkal," Untuk itu kondisi Kebersihan dan kenyamanan tercipta bukan karena pemerintah daerah atau pemerintah desa saja, melainkan peran serta masyarakatpun sangat diperlukan.


Pemerintah Desa berupaya keras untuk membuat tempat ini menjadi sekaligus rekreasi warga dalam perlintasan atau perbatasan antar Kabupaten Mojokerto. 


Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, merawat tumbuh tumbuhan dan melestarikan ke asrian pepohonan. Terlebih lagi kita harus tetap menghormati segala apapun yang hidup di muka bumi ini. Maka Tuhan akan memelihara kehidupan kita juga, jikalau kita sama-sama saling menjaga dan merawat segala macam apapun yang hidup di muka bumi ini dengan membawa manfaat bagi makhluk hidup di dunia ini.," Terang Kades yang murah senyum. 


Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat lagi. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads