Breaking

Post Top Ad

11/01/2022

Pelaksanaan Vaksinasi Pada Hewan Ternak, Babinsa Ingatkan Peternak Untuk Rutin Cek Kesehatan Hewan

Gresik, pojokpudak.com


Dinas Peternakan Gresik bersama Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng dan Mantri hewan, kembali memberikan vaksinasi pada hewan ternak di sejumlah peternakan yang ada di Kecamatan Benjeng pada Selasa (1/11/2022).


Hari ini sebanyak 4 lokasi peternakan yang berada di Desa Banter Kecamatan Benjeng dilakukan pengecekan kesehatan pada tiap-tiap hewan ternak sekaligus pendistribusian vaksin guna mencegah mewabahnya penyakit PMK pada hewan. Lokasi tersebut diantaranya, Peternakan sapi milik Abu, Peternakan kambing milik Wakid, Peternakan domba milik Nursalim serta Peternakan sapi milik Suheriyanto.


Kali ini, Peltu Soni, merupakan Babinsa yang turut membantu dalam proses vaksinasi pada hewan ternak, dirinya mengatakan, “Kegiatan pemberian vaksinasi pada hari ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak dan juga untuk mengingatkan kepada para peternak untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandangnya, karena kalau sampai ada hewan yang terpapar PMK, dapat dipastikan peternak akan merugi.”tuturnya.


Sambungnya, “Hari ini  sebanyak 10 ekor sapi, 19 ekor Kambing serta 15 Ekor Domba yang mendapatkan vaksinasi, dari keseluruhan hewan yang ada di peternakan semuanya dalam kondisi sehat, kondisi kandang di 4 Peternakan yang kami datangi juga nampak bersih, hal ini menunjukkan bahwa peternak sudah peduli dengan hewan kesehatan hewan ternaknya.”ujarnya.


Sementara itu drh. Niken mengatakan, “Kondisi hewan dan peternakan yang kami kunjungi semua dalam kondisi sehat dan bersih, kami berharap kepada para peternak apabila ada indikasi hewan terpapar penyakit PMK segera melaporkan kepada petugas, baik melalui Pak Babinsa atau mantra hewan yang ada di desa, agar tidak sampai penyakit PMK menyebar ke hewan yang lain agar hewan yang terpapar segera diberikan penanganan, karena penyakit PMK penyebarannya tergolong cepat dan rawan kematian.”ujarnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads