Breaking

Post Top Ad

11/06/2022

UPT SMPN 17 Gresik Peringati HUT Ke - 39 Sekaligus Launching Program Tahfidz

Gresik, pojokpudak.com


UPT SMP Negeri 17 Gresik memperingati hari ulang tahun (HUT) yang ke - 39 di halaman sekolah, Sabtu (5/11/2022). Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S Hariyanto serta Kepala Sekolah UPT SMP Negeri Sekecamatan Manyar, Gresik dan Kebomas.


Dalam puncak peringatan HUT ke - 39 tersebut, SMP Negeri 17 Gresik juga melaunching program tahfidz. Dimana program itu merupakan program yang diusung Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik dalam rangka memfokuskan siswa-siswi pada bidang membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar.


Kepala Sekolah UPT SMPN 17 Gresik Rohimin dalam sambutannya mengatakan peringatan hari ulang yang ke - 39 ini menandakan usia sekolah semakin tua semakin dan matang. Maka dari itu, ia memompa semangat warga sekolah untuk terus berbenah meningkatkan kualitas sehingga semua siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik atas bimbingan para guru dan diharapkan siswa dapat meraih cita-cita yang diinginkan.


Pada kesempatan itu, Rohimin menyatakan mendukung penuh program tahfidz dari dinas pendidikan. Oleh sebab itu, kemarin pihaknya bekerja sama dengan yayasan Al-Qolam melaksanakan seleksi terhadap semua siswa. Hasilnya, ditemukan 75 siswa yang lancar membaca Al-Qur'an. Bahkan ada 5 siswa yang hafal sampai 4 juz. " dari 75 siswa nanti ada 3 kelas karena setiap kelas ada 25 siswa", ungkapnya.


Rohimin menambahkan,  upaya yang dilakukan pihak sekolah mudah-mudahan sesuai dengan harapan kepala dinas karena program membaca dan menghafal Al-Qur'an tidak hanya dilakukan sekolah bidang keagamaan seperti MTs, tapi sekolah umum seperti SMP Negeri juga bisa mempersiapkan siswa untuk hafal Al-Qur'an.


Sementara Hariyanto selaku Kepala Dinas Pendidikan ketika dihubungi melalui WhatsApp mengatakan program tahfidz belajar merupakan program Dinas Kabupaten Gresik. Program ini diharapkan bisa dijalankan semua sekolah negeri mulai dari tingkat TK, SD sampai SMP. Harapannya, dua atau tiga tahun kedepan akan tercipta, terbentuk dan tercapai 1000 penghafal Al-Qur'an dari kalangan pelajar. Tidak hanya di sekolah negeri, semua sekolah TK, SD, SMP swasta di Kabupaten Gresik juga diharapkan menjalankan program ini.


" Yang kelompok atas bisa menghafal Al-Qur'an dan yang kelompok bawah bisa lancar baca tulis Al-Qur'an sehingga kemudian satu sisi kita bisa menghasilkan penghafal Al-Qur'an dan disisi lain tidak ada lagi pelajar tidak bisa baca tulis Al-Qur'an", pungkasnya. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads