Breaking

Post Top Ad

11/16/2022

Wakil Ketua DPRD Mujid Riduan Tekankan Pentingnya Sinergitas Dalam mengembangkan BUMDes

Gresik, pojokpudak.com


Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan menekankan pentingnya sinergitas dalam memaksimalkan program BUMDes di wilayah Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.


Pernyataan itu dia sampaikan saat mengisi kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Penguatan BUMDEs Untuk Peningkatan Pendapatan Asli Desa di Kecamatan Menganti, Rabu (16/11/2022).


Kegiatan itu juga dihadiri pihak kecamatan, Wakil Ketua DPRD Nur Saidah, anggota DPRD Iftah Hidayati dan pengurus BUMDes se-Kecamatan Menganti.


Menurut Mujid Riduan, dalam upaya mengembangkan BUMDes, sinergitas antara pemerintah Kabupaten Gresik, pemerintah desa dan DPRD perlu dilakukan karena keberadaan BUMDes sangat penting dalam mendongkrak pendapatan asli desa. 


Ketua DPC PDIP Kabupaten Gresik tersebut meminta pengurus BUMDes harus berinovasi, menggali potensi yang ada di desa masing-masing,  pendamping desa juga harus dilibatkan karena selama ini, peran pendamping desa kurang bisa dimaksimalkan dengan baik mengembangkan BUMDes. 


Selain itu, Mujid Riduan juga meminta pengurus BUMDes menjalin komunikasi yang baik dengan kepala desa karena jika tidak,  BUMDes akan jalan ditempat atau mati suri 


Lebih lanjut Mujid Riduan berharap para kepala desa segera berkoordinasi, berkolaborsi dengan dewan di dapil Menganti terkait pengembangan BUMDes karena ini juga termasuk salah satu program pembangunan. 


" Problem BUMDes yang ada di Menganti bisa teratasi jika kita duduk bersama", ungkapnya. 


Sedangkan Nur Saidah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Gerindra mengatakan, dari 22 BUMDes yang ada di Kecamatan Menganti, 11 diantaranya sudah berbadan hukum. Ia mendorong kepada BUMDes yang belum berbadan hukum untuk segera bekoordinasi dengan Dinas PMD guna mencari solusi terbaik. Dia menambahkan, BUMDes yang sudah berbadan hukum akan lebih mudah mendapatkan bantuan baik dari segi pembangunan atau penyertaan modal. 


Selain memaparkan materi pengembangan BUMDes, dewan juga menampung aspirasi dan keluh kesah  pengurus BUMDes yang nantinya keluhan tersebut akan disampaikan kepada dinas terkait. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads