Breaking

Post Top Ad

12/04/2022

Karya Bhakti Babinsa Manyar Dalam Pembangunan BUMDes

Gresik, pojokpudak.com

Bersama dengan masyarakat, Sertu Isnandar Babinsa Koramil 0817/06 Manyar melaksanakan karya bhakti dalam pembangunan kantor BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang bertempat di Desa Manyar Rejo Kec. Manyar, Kab. Gresik. Jumat (2/12/2022).


Perlu diketahui, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Dalam pembentukan BUMDes ditetapkan dengan Peraturan Desa. yang pada dasarnya pendirian dan pengelolaannya merupakan sebuah wujud dari pengelolahan ekonomi produktif desa.


Tujuan utama BUMDes yaitu meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat desa, mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat dan juga sebagai alat pemerataan dalam pertumbuhan ekonomi desa.


Saat dilokasi, Sertu Isnandar selaku Babinsa mengatakan bahwa pada dasarnya pendirian dan pengelolaan BUNDes adalah sebuah wujud dari pengelolahan ekonomi produktif desa.


“Beberapa jenis usaha BUMDes yang nantinya akan dijalankan seperti melakukan pelayanan kepada warga dalam pengelolaan air minum, pengelolaan sampah dan lain sebagainya sehingga warga dapat manfaat sosial yang besar. Bisa juga membangun lembaga keuangan yang bertujuan untuk membantu warga mendapatkan akses modal dengan cara mudah dan dengan bunga yang sekecil mungkin, dan bisa juga menjadi perantara antara komoditas yang dihasilkan warga pada pasar yang lebih luas sehingga masyarakat bisa terbantu dengan pendeknya jalur distribusi komoditas menuju pasar.”kata Sertu Isnandar.


“Diharapkan dengan terbangunnya BUMDes bisa berjalan secara mandiri, efektif dan profesional sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.”pungkasnya. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads