Breaking

Post Top Ad

12/08/2022

Pendampingan Babinsa pada Pelaksanaan Posbindu PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di Desa Bulurejo

Gresik, pojokpudak.com


Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Sertu Untung Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng pada kegiatan Posbindu PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) yang diadakan tenaga kesehatan Puskesmas Benjeng bertempat di balai pertemuan Desa Bulurejo, Kecamatan Benjeng. Rabu (7/12/2022).


Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.


Dengan menggunakan slogan “masa muda sehat, masa tua nikmat, tanpa PTM dengan perilaku cerdik”, dalam kegiatan Posbindu PTM dibutuhkan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.


Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.


Dalam kegiatannya, petugas kesehatan melakukan dan wawancara kepada masyarakat untuk menggali informasi permasalahanya, dan juga melakukan konseling atau penyuluhan tentang kesehatan serta penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan.


Saat dilokasi, Sertu Untung mengatakan,”Dibutuhkan peran serta masyarakat untuk peduli menjaga kesehatan. Dalam kegiatan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan tentang kesehatan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah binaan.”pungkasnya. (Td/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads