Breaking

Post Top Ad

12/11/2022

Sebagai Icon Desa Berdaya Jatim 2022, Desa Domas Perkenalkan Sendang Putri Melati Sebagai Situs Budaya

Gresik, pojokpudak.com


Program Desa Berdaya yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) provinsi Jawa Timur berfungsi sebagai penggerak ekonomi masyarakat melalui potensi-potensi desa. 


Pada tahun 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menetapkan 10 Desa di Kabupaten Gresik sebagai penerima program Desa Berdaya, salah satunya yakni Desa Domas, Kecamatan Menganti, yang mengangkat situs budaya, Sendang Putri Melati, sebagai icon Desa Berdaya.


Launching Desa Berdaya Domas dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Domas Sri Retnowati, didampingi oleh Camat Menganti Gunawan Purna Atmaja, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik, Drs. Abu Hassan .Hadir pula dalam acara launching Wakil Ketua DPRD Gresik, Mujid Riduan, serta konsultan Desa Berdaya dari Universitas Brawijaya. 


Acara launching sendiri dilakukan di lokasi icon desa, yakni Sendang Putri Melati, Desa Domas Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Minggu (11/12/2022).


Melalui program Desa Berdaya, Sendang Putri Melati yang dikenal sebagai punden akan disulap menjadi pusat ekonomi kreatif yang diberi nama Amrtha Cafe & Photo Park.


“Sebelumnya kawasan Sendang ini mempunyai image yang kurang bersahabat dengan masyarakat Desa Domas, diantaranya angker dan sebagainya. Kehadiran program Desa Berdaya ini akan menjadi trigger yang bagus dalam mengubah wajah Sendang dan diharapkan bisa mendukung inovasi dan kreasi masyarakat Desa Domas. Ujungnya, ya peningkatan perekonomian desa pastinya”, ujar kepala Desa Domas dalam sambutannya.


Membenarkan ujaran Kepala Desa Domas, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik, Abu Hassan, mengkonfirmasi bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi desa yang mungkin tersembunyi agar bisa bermanfaat bagi perekonomian warga.


“Kawasan Sendang Putri Melati ini termasuk strategis dan iconic sekali. Jadi, terlepas dari program Desa Berdaya pun pemerintah Kabupaten Gresik siap bersinergi membangun demi perekonomian desa yang maju dan adil untuk Masyarakatnya," Tambah Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, 


Amrtha Cafe dan Photo Park akan dikelola oleh masyarakat desa Domas dengan melibatkan SDM-SDM kreatif  yang dimiliki oleh Desa Domas. (Dia/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads