Breaking

Post Top Ad

1/25/2023

Pendampingan Babinsa Cerme dalam Kegiatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah

Gresik, pojokpudak.com

Serka Siswadi Babinsa Koramil 0817/08 Cerme melaksanakan pendampingan dalam kegiatan pelayanan kesehatan di wilayah yang dilaksanakan oleh Dinkes Puskesmas Cerme untuk pemeriksaan Hemoglobin (HB) siswi SMA Muhammadiyah 8 bertempat di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Rabu (25/1/2023).


Sebanyak kurang lebih 250 Siswi SMA Muhammadiyah 8 pada hari ini diambil darahnya oleh Tim Laboratorium Puskesmas Cerme sebagai bentuk proses pemeriksaan hemoglobin (HB). Melakukan pemerikasaan hemoglobin bermanfaat untuk memantau kondisi kesehatan dan apabila terkena penyakit tertentu dapat segera terdeteksi, terutama penyakit yang berkaitan dengan darah.


Menurut Serka Siswadi saat di lokasi mengatakan bahwa perlunya pemeriksaan hemoglobin secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan, tujuannya agar dapat mengetahui ada atau tidaknya kondisi yang memerlukan perhatian khusus, misalnya penurunan darah atau yang biasa dikenal dengan anemia. 


“Banyak remaja putri yang sering mengalami anemia dikarenakan kurangnya asupan zat besi saat mengalami haid di setiap bulannya. Kondisi terkena anemia biasanya ditandai dengan badan lesu, sering pusing dan mudah mengantuk. Dengan kondisi ini dapat berakibat menurunkan daya tahan tubuh dan konsentrasi belajar sehingga sangat berpengaruh pada aktivitas belajar saat di sekolah.”kata Serka Siswadi.


Ditempat yang sama, salah satu dari Tim Kesehatan, Ibu Pramita, Amd. Keb. selaku Bidan Desa Morowudi juga menyampaikan bahwa fungsi hemoglobin sangatlah penting bagi tubuh.


“Jumlah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengetahuinya sangat dianjurkan pemeriksaan hemoglobin dilakukan secara rutin.”tuturnya.


Sementara itu adanya program kegiatan pemeriksaan kadar hemoglobin yang diadakan di SMA Muhammadiyah 8 Morowudi sangat disambut baik oleh Ibu Emi Faizatul Afifah, M.Si. selaku kepala sekolah.


“Kegiatan ini sangatlah penting dalam mengetahui kondisi kesehatan terutama siswi yang ada di sekolah SMA Muhammadiyah 8 Morowudi. Dengan adanya pemeriksaan kondisi kesehatan dapat diketahui dan apabila ada masalah kesehatan dapat segera dilakukan antisipasi. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan, apabila sehat tentunya murid-murid akan bersemangat dalam menuntut ilmu mengikuti pelajaran di sekolah.”kata Ibu Emi Faizatul Afifah. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads