Breaking

Post Top Ad

3/01/2023

Cara Efektif Atasi Erosi Tepi Jalan Pedesaan, Babinsa Bantu Pembuatan TPT

Gresik, pojokpudak.com


Kondisi curah hujan yang tinggi menyebabkan ancaman terjadinya banjir, tanah longsor dan erosi tepi jalan di Desa Tulung Kec. Kedamean. Oleh sebab itu, perlu adanya perbaikan jalan dengan pembuatan plengsengan atau yang dikenal dengan Tanggul Penahan Tanah (TPT).


Pagi ini Babinsa Koramil 0817/03 Kedamean Serma Agus melaksanakan kegiatan Karya Bhakti dengan warga binaannya dalam rangka mengantisipasi terjadinya erosi tepi jalan pedesaan dan perbaikan saluran air dengan melakukan pembuatan Tanggul Penahan Tanah (TPT) yang berada di jalan Desa Tulung, Kec. Kedamean, Kab. Gresik. Rabu (1/03/2023).


Sasaran utama pembuatan TPT ini adalah di titik jalan yang melintasi kebun-kebun milik warga. Karena kondisi nyata saat ini sudah mulai mengiris batin. Tanah bagian tepi jalan  nampak mencekung, terbawa aliran air hujan, apabila dibiarkan terlalu lama tidak menutup kemungkinan akses jalan ini akan mudah terjadi banjir. Hal inilah yang menggugah semangat Babinsa untuk giat membantu warganya dalam menyelesaikan pembuatan TPT.


"Perbaikan jalan ini sangat membantu warga, apalagi dengan kondisi musim penghujan rawan terjadi banjir," kata Babinsa Serma Agus Hadi.


Dia juga menambahkan, dengan pembangunan TPT ini diharapkan efektif dalam mengatasi erosi tepi jalan dan mampu melancarkan aliran air.


Harapan warga setempat, kedepannya akan dilakukan pembuatan TPT secara total di sepanjang jalan pedesaan. "Demi kelancaran aktifitas warga, pembuatan TPT harapannya dilakukan di sepanjang jalan desa," ujar Saeful salah seorang warga. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads