Breaking

Post Top Ad

3/10/2023

Dorong Desa Inklusi Wabup dan Kadispendik Peduli Anak Berkebutuhan Khusus

Gresik, pojokpudak.com


Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah meminta semua pihak peduli pada anak-anak berkebutuhan khusus. Pembinaan yang tepat, bisa berpotensi menemukan talenta dari ABK yang cemerlang.


Hal itu diungkapkan Bu Min sapaan akrab wabup pada acara peringatan hari pendengaran sedunia (World Hearing Day). Kegiatan ini digelar di Unit Pelayanan Teknis (UPT) layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Kamis (9/3/2023).


"Pendidikan dan pembinaan yang diberikan secara tepat akan memunculkan bakat terpendam dari ABK tersebut, "ungkapnya.


Menurut wabup, selain menggunakan pola teknologi dan pengetahuan yang baik. Diberikan juga metode dalam mendidik anak dengan cara islami. Salah satunya yang sudah diterapkan yaitu membaca Al Qur'an isyarat metode amakasa dan amlaba.


Dikatakan, tujuan metode amakasa dengan bahasa isyarat tangan sambil bersuara ini anak-anak bisa berbicara atau mengaji. Sedangkan metode amlaba akan memudahkan anak dalam pembelajaran Al Qur'an dan memudahkan ABK membaca dan melatih melafalkan Al Qur'an.


"Dua metode ini harus selalu berkaitan, semoga metode ini mudah diterima dan bermanfaat sekali oleh anak anak dan dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, "harapnya.


Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Gresik dalam waktu dekat akan mendirikan tiga lagi Resource Centre untuk wilayah utara, wilayah selatan dan Kepulauan Bawean.


"Pemerintah daerah juga akan mendorong desa. Menjadi desa inklusi yang di khususkan untuk anak inklusi dan berkebutuhan khusus, "tutup wabup.


Usai sambutan wabup didampingi Kadispendik, kepala UPT Resource Centre dan Direktur Hearing East Java meninjau ruang pemeriksaan pendengaran, dan melihat secara langsung metode membaca Al Qur'an isyarat dengan metode amakasa dan amlaba.


Hadir pada acara tersebut, Direktur Hearing Aid East Java - Perth Australia Vicki Richardson, Kepala Dinas Pendidikan S. Hariyanto, Kepala UPT Resource Centre/layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus Innik Hikmatin, Perwakilan UPT Puskesmas Alun Alun dan UPT Puskesmas Sukomulyo serta Ketua Perhimpunan Ahli THT Bedah Kepala Leher Manusia (Perhati -KL) Jatim Utara dr. Nilo. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads