Breaking

Post Top Ad

3/10/2023

Guru MTs YKUI Maskumambang Ukir Prestasi Juara 1 Lomba Guru Kreatif Tingkat Nasional

Gresik, pojokpudak.com


Ahad, 05 Maret 2023 menjadi hari yang sangat spesial, khususnya bagi Ustadz Husni Mubarrok, S.Pd., M.AP. Pasalnya di hari itu, ia dinobatkan sebagai pemenang Juara 1 lomba Guru Kreatif FAI Got Talent di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tingkat Nasional tahun 2023. 


Kali ini, ia mengusung tema pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang dipadukan dengan perangkat android aplikasi piscay dan saung ekonomi yang didesainnya sendiri. Menurutnya, pembelajaran CTL itu penting, agar pembelajaran lebih bermakna dan berkesan sebab siswa diajak belajar dengan cara mengaitkannya dengan kehidupan nyata sehari-hari dan bukan hanya sekedar teori di buku semata.


Kali ini siswa diajak melakukan observasi, wawancara singkat dan mengambil foto dokumentasi kegiatan ekonomi yang terjadi di lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan tempat tinggalnya. Lalu dari foto itu siswa berkreasi membuat komik, melakukan investigasi, komunikasi, evaluasi, dan refleksi, terang ustadz Husni Mubarrok menjelaskan


“Sintak pembelajaran saya desain dengan model 7Me yang merupakan sebuah tahapan dan langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran. 7Me tersebut terdiri dari tujuh tahapan yakni tahap menginformasi, mengkreasi, menginvestigasi, mengkomunikasi, mengevaluasi, merefleksi dan mengapresiasi” cetus Ustadz Husni Mubarrok menambahkan dengan nada penuh semangat.


FAI Got Talent adalah ajang kempetisi bergengsi yang rutin diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tiap tahunnya. Cabang lombanya beragam, dan salah satunya adalah lomba guru kreatif yang diikuti oleh guru-guru terbaik di semua jenjang tingkat nasional. 


Babak penyisihan dilakukan dengan cara peserta mengirimkan satu video pembelajaran menarik yang pernah dilakukan beserta perangkat RPP lengkap dan curriculum vitae-nya. Pada tahap ini penilaian didasarkan dengan mengacu pada kreteria; Kesesuaian dengan RPP : (30%), Strategi mengajar : (30%), Media Pembelajaran : (20%) dan Performance : (20%). 


Alhamdulillah, Ustadz Husni Mubarrok dinyatakan lolos ke babak final yang diikuti oleh 6 peserta dengan nilai terbaik di babak penyisihan. Babak final pun dilakukan di hari Ahad, 05 Maret 2023. Di babak final inilah seluruh peserta melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Peserta menyiapkan materi pembelajaran yang terdapat dalam video pembelajaran inovatif yang telah dikirim sebelumnya. 


Seluruh peserta tampil dengan sempurna, tak terkecuali juga dengan Ustadz Husni Mubarrok. Ia menyampaikan materi dengan lugas, runtut dan penuh percaya diri. Seluruh pertanyaan dari dewan juri berhasil dijawabnya dengan baik dan lancar. Alhasil, ia pun keluar sebagai juara 1 lomba guru kreatif FAI Got Talent tingkat nasional tahun 2023. Sebuah pencapaian luar biasa, yang juga pernah ia rasakan di tahun sebelumnya. Namun kali ini jauh berbeda sebab juara 1 berhasil ia rengkuh, lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya finish sebagai juara 3. 


“Selamat Ustadz Husni atas capaian prestasi ini! Tentu saja, kami mengapresiasi. Semoga prestasi ini dapat mendorong kawan-kawan lainnya untuk terus terpacu, menumbuhkan semangat berlomba-lomba meningkatkan kompetensi sebagai guru. Selamat ya, mantap!” tutur Ustadz Mujibatul Firdaus, S.Pd.I selaku bapak Kepala Madrasah Matsamas dengan wajah penuh sumringah, tanda puas dan bahagia. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads