Breaking

Post Top Ad

3/31/2023

Ini Cara Babinsa Berikan Motivasi Agar Mengolah Sampah Dapat Menghasilkan Keuntungan

Gresik, pojokpudak.com


Sampah selama ini merupakan masalah dilingkungan masyarakat baik perkotaan maupun di pedesaan, sehingga keberadaan sampah bisa menganggu kenyamanan dikarenakan bau yang ditimbulkan terutama sampah organik yang berasal dari limbah rumah tangga dan lainya yang dibuang tidak pada tempatnya. Perlu dibutuhkan kesadaran  masyarakat dalam membuang sampah serta suatu cara agar sampah bisa dikelola dengan baik.


Sehubungan dengan hal tersebut sebagai Babinsa Koramil 0817/14 Panceng, Serda Saejan turut andil dalam kegiatan Bank sampah yang dilakukan Karang Taruna yang diketuai oleh Bapak Maman bertempat di  Desa Prupuh, Kec. Panceng, Kab. Gresik, Jum'at (31/3/2023).


Babinsa Serda Saijan mengatakan bahwa kegiatan Bank sampah yang sudah berjalan selama ini yaitu dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan, adapun sampah non organik yang dikumpulkan yaitu seperti botol plastik, kertas, besi, botol kaca, kertas karton dan lainya yang nantinya bisa didaur ulang kembali.


Adapun mekanisme pengerjaanya yaitu dengan cara mendatangi rumah-rumah warga maupun  ada juga warga yang datang langsung ketempat pengepulan yang bertempat di belakang Kantor Desa dengan dibeli sesuai dengan jenis dan berat barang tersebut.


“Kami selalu memberi motivasi dan semangat kepada anggota bank sampah bahwasanya kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi semuanya karena bisa menyadarkan warga akan memilih dan memilah sampah,"ucap Babinsa Serda Saijan.


“Dan tentunya dengan mengumpulkannya dan ditukar dengan uang yang sedikit banyaknya mendapatkan keuntungan untuk menambah uang belanja. Selain itu, keuntungan lainnya juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman serta dapat membiasakan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan."pungkasnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads