Breaking

Post Top Ad

3/22/2023

Vakum 3 Tahun, Pawai Belasan Ogoh- Ogoh di Gresik Berlangsung Sangat Meriah

Gresik, pojokpudak.com



Setelah vakum hampir tiga tahun akibat Pandemi Covid-19, pawai ogoh-ogoh kembali digelar. Masyarakat tumplek blek di sepanjang jalan raya Desa Laban, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Selasa (21/03/2023) malam.


Belasan ogoh-ogoh yang beraneka rupa diarak di sepanjang jalan raya dan berkeliling desa. Pemberangkatan arak-arakan dimulai dari Pura Jagad Dumadi dan berakhir di situ juga dengan melaksanakan pembakaran ogoh-ogoh. 


Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Desa Laban Naning Sugiarti mengatakan, bahwa ritual pembakaran ogoh-ogoh bertujuan untuk menyeimbangkan alam dan manusia.


"Ogoh-ogoh setelah diarak ini kemudian dibakar di Pura semuanya," kata dia.


Menurutnya, kemeriahan serta membludaknya masyarakat yang datang secara langsung untuk melihat arak-arakan ogoh-ogoh tidak lepas atas bantuan banyak pihak.


"Atas dukungan semua pihak, acara ini jadi lancar. Semoga besok, kami umat Hindu bisa menjalankan ibadah penyepian dengan lancar," imbuh dia.


Dalam hal ini, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) memberikan apresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut. Termasuk juga mendukung penuh. 


"Sudah tiga tahun terakhir, pawai ogoh-ogoh berhenti karena pandemi. Saya sangat mendukung kegiatan seperti ini. Dan untuk umat Hindu, selamat menjalankan Hari Raya Nyepi. Semoga kerukunan terus terjalin di antara umat beragama di Gresik," cetus dia. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads