Breaking

Post Top Ad

3/07/2023

Tanam Padi Efektif dengan Sistem Tanam Jarwo, Babinsa Hadir Bantu

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng Serma Hadi melaksanakan kegiatan Komunikasi Tani (Komsos) dengan Kelompok Tani (Poktan) dalam rangka penanaman padi dengan menggunakan Sistem Tanam Jajar Legowo (Jarwo) di area persawahan Desa Jogo Dalu, Kec. Benjeng, Kab. Gresik. Selasa (7/3/2023).


Sistem tanam Jarwo ini memiliki pengertian suatu metode menanam padi dengan para petani bergerak bersama-sama dalam satu garis lurus dan posisi sejajar. Sedangkan untuk kata legowo sendiri mengandung makna keikhlasan dalam bekerja. 


Sehingga bisa disimpulkan bahwa sistem tanam Jarwo adalah cara menanam padi secara bersama-sama dan teratur yang sesuai untuk diaplikasikan dalam masyarakat pedesaan khususnya Desa Jogo Dalu.


Kegiatan tanam padi ini dilakukan di lahan pertanian milik warga Poktan seluas setengah hektar. Dengan diikuti oleh 6 orang petani dan dibantu oleh Babinsa Serma Hadi.


Babinsa Serma Hadi menyampaikan bahwa penanaman padi dengan menggunakan sistem tanam Jarwo akan memupuk jiwa kebersamaan, meningkatkan silaturrahmi dan cukup efektif dalam pemanfaatan lahan yang ada.


"Kita perhatikan faktor kelurusan tanaman padi agar rapi dan memudahkan dalam pemeliharaan tanaman hingga proses panen tiba nanti," terang Babinsa Serma Hadi.


"Sistem tanam Jarwo ini dilaksanakan turun temurun sejak dahulu. Dimana kerja secara bersama, lelah bersama, istirahat juga bersama," kata Suyatmi salah seorang petani.


Dengan bantuan dari Babinsa dalam proses penanaman padi sistem tanam Jarwo ini, para petani sangat senang serta berharap agar silaturrahmi tetap terjalin dengan baik dan terwujudnya ketahanan pangan wilayah setempat. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads