Breaking

Post Top Ad

5/12/2023

Wujud Syukur, Biar Di Guyur Hujan Warga Dusun Lingsir Gelar Sedekah Bumi Tetap Antusias Guyup Rukun

Gresik, pojokpudak.com


Sebagai wujud syukur kepada tuhan yang telah memberikan rejeki  melalui panen yang melimpah Warga Dusun Lingsir menggelar tradisi sedekah bumi.


Tradisi Sedekah Bumi ini merupakan salah satu kearifan lokal masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat, Adat istiadat yang kini masih di pertahankan, dan dilestarikan, oleh masyarakat, Dusun Lingsir.


Sedekah bumi di gelar di Balai Dusun Lingsir Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Jumat (12/5/2022).


Acara tersebut di hadiri, oleh Kepala Desa Slempit Suyitno, Sekdes Kuspriyadi, Kepala Dusun, H, Wijiono, Ketua Panitia Juprianto, S,Pd berserta seluruh panitia sedekah bumi, Ketua BPD, Ketua RT/RW berserta tokoh masyarakat dan seluruh warga Dusun Lingsir.


Prosesi sedekah bumi tersebut diawali seluruh warga berduyun duyun membawa ambeng tumpeng dan nampan yang berisi makanan maupun jajan lainnya menuju ketiga sumur yang di kramatkan dan ke punden. Kemudian dilanjutkan Istighozah (Doa bersama) di Balai Dusun Lingsir.


Kemudian malam hari di lanjutkan dengan hiburan, Ludruk Budi Wijaya  dari Kabupaten Jombang, dalam pertunjukkan tersebut warga masyarakat pun sangat antusias biar di guyur hujan tetap antusias dan tetap semangat menyaksikan hiburan ludruk  dan sangat terhibur sekali.


Dalam sambutanya Kepala Desa Slempit Suyitno menyampaikan, Dengan adanya kegiatan tasyakuran, sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur warga, Dusun Lingsir ini, kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkan oleh warga Dusun Lingsir ini.


Kades juga mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua masyarakat, Dusun Lingsir ini, Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga, juga menciptakan  kerukunan dan masyarakatnya guyub rukun. Ungkap Kades Suyitno


Lanjut Kades," menyampaikan selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah berupa makanan. “Selain sebagai rasa syukur kepada, Tuhan YME sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun.


Untuk itu kami berharap dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, masyarakat Dusun Lingsir terus diberikan rezeki oleh Allah SWT   dan juga dijauhkan dari marabahaya dan selalu diberikan perlindungannya. Tuturnya.


Ditempat yang sama Ketua Panita sedekah bumi Juprianto S,Pd,   menambahkan, Sedekah Bumi ini rutin digelar setiap tahunnya sebagai rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan rezeki.


kami berharap dengan adanya Sedekah Bumi ini, masyarakat, Dusun Lingsir tetap bisa mensyukuri apa yang Tuhan berikan atas  kenikmatan, kesehatan, dan rezeki yang melimpah, kegiatan ini untuk melestarikan budaya dan mengenang para leluhur. Pungkasnya (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads