Breaking

Post Top Ad

6/23/2023

Mengembangkan Sektor Pertanian Kangkung Sertu Purwanto Dan Serda Sukoco Turba Lakukan Pendampingan Di Wilayah Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Para Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang aktif menjalin komsos dengan para petani sayur kangkung di wilayah binaannya. Hal ini sebagai wujud upaya dan peran serta Babinsa dalam mengembangkan sektor pertanian sayur kangkung di wilayah binaan. 


Sasarannya agar mampu memenuhi ketersediaan pasokan sayur kangkung di pasaran dan mengembangkan penjualan dengan jangkauan lebih luas lagi.


Terkait dengan hal tersebut, pagi ini Babinsa Sertu Purwanto dan Serda Sukoco mendatangi ladang kangkung para petani binaan. Dalam hal ini melakukan pendampingan dan membantu penanaman kangkung yang berada di Desa Wotansari, Kec. Balongpanggang, Kab. Gresik. Jumat (23/6/2023).


Seperti yang kita ketahui, kangkung merupakan jenis sayur-sayuran yang baik dikonsumsi oleh masyarakat guna mendukung kebutuhan protein nabati. Selain itu, sayuran kangkung juga bisa dibuat menjadi campuran makanan olahan di warung maupun lesehan hingga resto.


Setelah membantu petani binaan dalam penanaman sayur kangkung, Sertu Purwanto melanjutkan komunikasinya bersama Kasirun salah seorang petani kangkung yang sedang melakukan perawatan tanaman kangkung di ladangnya.


Dalam komsosnya, ia menuturkan supaya pengairan tanaman kangkung harus secara teratur dan optimal. Karena salah satu faktor penentu kesuksesan budidaya tanaman kangkung ialah pengairan yang tepat dan tidak telat.


"Kekurangan air akan menghambat proses pertumbuhan tanaman kangkung, sehingga mempengaruhi hasil panen," kata Sertu Purwanto.


Di penghujung komsosnya itu, Sertu Purwanto memberikan wawasan dan saran pada Kasirun untuk memperluas jangkauan penjualan hasil panen sayur kangkungnya hingga ke luar wilayah Balongpanggang. Sebagai alternatif, sayuran kangkung yang biasa dijadikan kebutuhan makan sehari-hari juga dapat digunakan sebagai bahan utama maupun campuran pakan ternak.


"Oleh karena itu, membuka link dan relasi dengan para peternak agar kangkung hasil panen para petani dapat diambil sebagai bahan pakan ternak," pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads