Breaking

Post Top Ad

7/11/2023

Cegah Kematian Dan Percepatan Penggemukan Peternak Sapi, Sertu Purwanto Berikan Saran Warga Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Kebersihan kandang dan pengecekan kesehatan sapi ternak dilakukan oleh Babinsa Sertu Purwanto kepada peternak sapi binaan. Dengan cara mengunjungi secara langsung ke kandang sapi milik Sali yang berada di Dusun Genengan, Desa Ngasin, Kec. Balongpanggang, Kab. Gresik. Selasa (11/7/2023).


Komsos Babinsa giat kepada para peternak sapi binaan Koramil 0817/09 Balongpanggang guna mempercepat proses penggemukan dan menjaga kestabilan kesehatan sapi ternak.


Dalam kunjungannya tersebut, Sertu Purwanto menyarankan pada Sali supaya menjaga kebersihan kandang sapi ternak. Sisa-sisa pakan yang berpotensi menimbulkan bau tidak sedap agar rajin dibereskan agar tidak mengurangi nafsu makan sapi ternak. Begitu juga dengan sanitasi cukup penting.


"Memandikan sapi dengan kurun waktu tertentu secara teratur, juga sisa kotoran sapi harus dibersihkan secara optimal, hal ini cukup dominan dalam menjaga nafsu makan yang baik. Dengan makan yang banyak dan teratur otomatis akan berpengaruh pada penggemukan sapi ternak," terangnya sambil memegang seekor sapi.


Di akhir komsosnya, Babinsa Sertu Purwanto berpesan agar Sali secara intensif melakukan pengecekan kesehatan sapi ternak miliknya. Dari hidung, mulut, kepala, kondisi badan maupun kuku sapi ternak.


"Karena pengecekan kesehatan sapi ternak secara aktif dapat mengurangi resiko terjadinya kematian mendadak dan merupakan upaya pencegahan dini terhadap segala penyakit yang memungkinkan dapat menyerang kesehatan sapi ternak," pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads