Breaking

Post Top Ad

7/18/2023

ITS dan Ubhara Berikan Mesin Rosting Kopi Pada Alumni Santri Untuk Enterpreuner

Gresik, pojokpudak.com


Memberdayakan santri yang telah lulus untuk berkiprah di dalam masyarakat dalam berusaha, terutama dalam bisnis kopi yang cukup marak di Surabaya raya dan kota sekitar sangat perlu diberikan sentuhan alat yang lebih modern. 


Tim pengabdi masyarakat dari ITS dan Ubhara beserta mahasiswa yang melakukan KKN memberikan mesin rosting kopi, kepada alumni santri dari Ponpes Langitan, Tuban, Hans Mahaputra Yudha Wijaya. Pemberian mesin rosting berlangsung di Joglo Petro, pekan kemarin. 


" Kami dari ITS dsn Ubhara beserta mahasiswa yang melakukan pengabdian masyarakat memberikan mesin rosting kepada alumni santri, untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi bagi santri dengan pemberdayaan sesuai potensi yang dimiliki serta membangun prospek usaha sebagai santripreneur, " terang  Dr. Soehardjoepri, M.Si selaku ketua tim. 


Dengan adanya mesin rosting kopi, proses menggoreng kopi lebih cepat dan lebih merata, sekaligus bisa membuat warna biji kopi coklat, hitam, bahkan gosong hitam pekat. 


Owner dari Amik Coffee Shop, Hans Mahaputra Yudha Wijaya, menyambut gembira pemberian mesin rosting kopi yang rencananya untuk pembelajaran baik bagi santri maupun mahasiswa yang ingin menekuni bidang kopi. 


"  Kami dengan senang hati memberikan pelatihan kepada santri dan mahasiswa untuk menjadi pengusaha kopi, mulai proses goreng kopi, penyeduhan, hingga penjualan, "terang Hans. Selasa (18/7/2023).


Lebih lanjut dijelaskan dengan mesin rosting proses menggoreng kopi hanya butuh waktu sekitar 15 menit, sementara dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat membutuhkan waktu 90 menit, dan menggunakan mesin rosting lebih merata serta bisa disambi dengan mengerjakan yang lain.


Tim Dosen yang melakukan pendampingan untuk santripreneur adalah : 

Dari Ubhara : 

Dr. Soehardjoepri, M.Si,  Dr. Muslichah Erma Widiana, Dra.Ec., MM., Prof. Dr. Mahmudah Enny W, Dra.Ec., M.Si , 


Dari ITS : 

 Paramitha Oktaviana S.Si, M.Si., R. Mohamad Atok S.Si, M.Si, Ph., Galuh Oktavia Siswono S.Si, M.Si, M.Act.Sc., Ulil Azmi S.Si., M.Si., Imam Safawi Ahmad, S.Si., M.Si. Prilyandari Dina Saputri, S.Si., M.Stat, Moch. Taufik Hakiki, S.Si., M.Si. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads