Breaking

Post Top Ad

7/20/2023

Kesuksesan Kepala Sekolah Samari Memimpin MAN 2 Gresik

Gresik, pojokpudak.com


Kesuksesan lembaga pendidikan dalam melaksanakan setiap tugasnya, banyak ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan merupakan faktor terpenting dalam menunjang tercapainya tujuan institusi sekolah.


Keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah, membina guru, serta mengelola kegiatan sekolah, banyak ditentukan oleh kebijakan kepala sekolah itu sendiri


Apabila kepala sekolah mampu membimbing, menggerakkan, dan mengarahkan anggota secara tepat, maka segala kegiatan yang ada dalam sekolah akan bisa terlaksana secara efektif. Sebaliknya bila tidak, maka tidak akan bisa mencapai tujuan sekolah secara optimal.


Di lembaga pendidikan MAN 2 Gresik, terdapat sosok Kepala Sekolah yang mempunyai jiwa pemimpin yang lemah lembut namun tegas dalam membuat kebijakan sehingga berkat kebijakannya, sekolah tersebut mampu mengukir prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.


Dia adalah Samari, mantan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) provinsi Jawa Timur yang kini menjabat sebagai kepala sekolah MAN 2 Gresik sejak tahun 2016. Dibawah kepemimpinannya, sudah ada sekitar 2000 prestasi yang telah diraih, mulai dari tingkat lokal, nasional sampai internasional.


" Butuh proses yang panjang dan tidak mudah untuk menjadikan MAN 2 seperti sekarang ", ujar Samari saat ditemui di kantornya, Senin (17/7/2023).


Selama 7 tahun memimpin MAN 2 Gresik, Kepala Sekolah Samari menerapkan sistem pendidikan yang terstruktur bagi para siswa - siswinya. Lewat penjaringan minat dan bakat, maka didapatlah para siswa dengan kemampuan yang khusus baik di bidang olah raga, matematika, ilmu pengetahuan dan banyak lagi yang akhirnya diberi pendidikan secara lebih pada kemampuan siswa masing - masing selain dari pendidikan kurikulum pada umumnya.


Dijelaskan pula oleh Kepala Sekolah, bagaimana para guru harus mempunyai komitmen dalam menjalankan tugas, bukan hanya sekedar diucapkan tetapi harus dijalankan secara terus menerus.


Selama menjalankan tugasnya, Samari memegang teguh prinsipnya yakni Lembaga pendidikan MAN 2 ini harus bebas dan steril dari kepentingan pribadi. Hasilnya, sekolah MAN 2 Gresik kini semakin dikenal dan dikagumi masyarakat. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads