Breaking

Post Top Ad

8/19/2023

Gunungan Tumpeng Setinggi 4 Meter Warnai Sedekah Bumi Desa Kedungrukem

Gresik, pojokpudak.com


Sebagai rasa wujud syukur dan melestarikan budaya, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, menggelar Sedekah Bumi serta memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 78, dengan di warnai puluhan gunungan tumpeng, serta gunungan tumpeng setinggi 4 meter.


Dari berbagai usia tumpah ruah menghadiri acara kirab puluhan gunungan tumpeng raksasa yang di pusatkan di balai desa setempat, dengan di ikuti sekitar ribuan orang. 


Disela sela kegiatan Kepala Desa (Kades) Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata," Kegiatan Sedekah Bumi tersebut adalah agenda tahun, namun untuk tahun ini di gelar sekala besar. Ini sudah kedua kalinya sedekah bumi di tingkat desa, dulunya diadakan di masing masing Dusun. Katanya, Sabtu (19/8/2023).


Alhamdulillah di tahun ini telah di ikuti oleh semua RT dari semua Dusun. Bahkan sangat semarak, artinya masyarakat bersama sama untuk gotong royong. Dan bentuk sukur pada Allah SWT. 


Kegotong royongan semacam ini sangat bagus, dimana untuk menumbuhkan kebersamaan. Dengan adanya kegiatan ini di masing masing RT guyub rukunnya sangat ketara sekali. Untuk itu kami berharap agar nantinya di lain waktu, meskipun tidak di acara seperti ini kami berharap keguyuban selalu tetap terjaga. 


Selain gunungan tumpeng, disini kami mengelar ruwatan desa dengan wayang kulit dan lomba hias tumpeng, Tambahnya. 


Di tempat yang sama Nanik salah satu warga RT 1 Dusun Kedungglugu Desa Kedungrukem mengaku senang dengan di gelarnya bersih desa seperti ini. Untuk itu kami berharap di tahun depan agar di adakan lagi, kalau bisa lebih meriah dari ini," katanya singkat. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads