Breaking

Post Top Ad

8/21/2023

Wujud Syukur Warga, Gunungan Tumpeng Hasil Bumi, Ramaikan Tradisi Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Berbagai macam cara mensyukuri hasil panen yang melimpah sebagai salah satu karunia yang diberikan oleh sang pencipta. Seperti yang dilakukan warga dusun Medeo Desa Cermen Kecamatan Kedamean Kabuapaten Gresik, Jawa Timur.


Mayoritas warga yang kebanyakan bercocok tanam mewujudkan syukur dengan mengelar sedekah bumi sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 78 yang digelar di lapangan dusun setempat, Minggu (20/8/2023).


Dalam tradisi turun temurun yang digelar rutin tiap tahun ini selain ratusan tumpeng kecil yang dibawa dari rumah masing - masing, Ada juga satu Gunungan tumpeng raksasa yang disusun dari sayuran polowijo hasil bumi yang biasa ditanam warga setempat.


Gelaran tradisi yang sengaja dibarengkan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia ini diawali jalan sehat dan pembagian doorprize serta hadiah lomba agustusan dipagi hari, kemudian pada siang hari dilanjutkan dengan istighosah dan tahlil. 


Usai istighosah dan tahlil, warga pun langsung menyerbu gunungan tumpeng untuk berebut aneka sayuran yang telah didoakan bersama-sama. Masyarakat meyakini gelaran sedekah bumi, akan membawa keberkahan di musim panen yang akan datang.


Kepala Desa Cermen Kecamatan Kedamean Gresik, Suhadi mengatakan gelaran tradisi sedekah turun temurun ini rutin digelar setiap tahun sebagai wujud syukur atas nikmat riqki yang diberikan Allah SWT atas hasil bumi yang melimpah.


" Dengan sedekah bumi dan berdoa bersama -sama kita berharap kedepannya hasil panen akan kembali melimpah dan dijauhkan dari segala mara bahaya, " ungkap Suhadi.


Tradisi Sedekah Bumi yang dibarengkan dengan peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 78, menurut Suhadi, juga untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong diantara warga tetap terjaga. Khususnya para remaja, pemuda dan pemudi dusun medeo Desa Cermen Kedamean.


" Kami mengapresiasi dan bangga kepada para remaja, pemuda dan pemudi yang begitu luar biasa semangatnya untuk mempertahankan tradisi turun temurun para leluhurnya, Semoga kedepannya akan semakin maju," pungkas Suhadi. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads