Breaking

Post Top Ad

9/29/2023

Keseruan Peringatan Maulud Nabi Di Masjid Assalam, Ratusan Warga Berebut Gantungan Perabotan Rumah Tangga

Gresik, pojokpudak.com


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 28 September 2023 disambut meriah oleh umat Islam di berbagai belahan dunia, termasuk di Masjid Assalam Dusun Karangwungu Desa Mojogede Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik mempunyai tradisi unik dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.. 


Setelah melantunkan Shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, dengan diiringi musik hadrah dan dilanjutkan tausiyah dan ditutup dengan doa, ratusan warga yang terdiri dari anak anak, remaja, dewasa hingga orang tua campur aduk berebut gantungan aneka perabotan rumah tangga yang di siapkan di halaman Masjid Assalam.

Segala perabotan rumah tangga dipasang di beberapa gantungan, yang di rangkai dari kawat dengan tali rafia. Di rangkaian tali itu, digantung berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga.


Mulai saringan teh, gelas plastik, panci, wajan, piring plastik, tempat duduk plastik hingga banyak lainnya. Semua itu bergelantungan setinggi kepala.

Seusai kegiatan tersebut Gus Huda menuturkan," acara ini kita gelar selama dua hari, di hari pertama untuk warga sekitar dan hari kedua untuk jamaah Assalam," 


Dimana hari ini, warga akan berebut untuk mencabut salah satu barang yang mereka kehendaki. Tentunya sesuai dengan aba-aba, terpenting nantinya satu orang satu, tapi klau kita lihat ternyata ada yang mendapatkan lebih dari dua. Dan barang yang berhasil direbut bisa dibawa pulang," 

Selain berebut barang, peringatan Maulid diisi acara makan bersama, yang mana mengingatkan kita semasa di pondok.


Suasana memang dirancang sedemikian ceria untuk menunjukkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. ”Ini adalah ekspresi kegembiraan kami menyambut kelahiran Sang Nabi,” katanya.

Ini adalah tradisi kami setiap tahun,” ungkap Gus Huda, Kamis (28/9/2023) malam.


Usai bersholawat, warga langsung berebut barang-barang yang bergantungan tersebut. Yang penting seru, yang penting meriah, dan kami semua senang. Kata Bondan.

Alhamdulillah saya dapat panci, ini nantinya bisa buat kebutuhan dapur dan alat untuk masak. Ya Alhamdulillah tidak perlu beli lagi. Jelas Bondan salah satu warga dengan wajah sumringah. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads