Breaking

Post Top Ad

9/10/2023

Lestarikan Tradisi Leluhur, Warga Desa Tirem Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Ratusan warga Desa Tirem, Kecamatan Duduksampeyan tampak semangat berbondong-bondong mendatangi balai desa setempat. Mereka datang sambil membawa tumpeng dan juga berbagai makanan lainnya, semua sajian makanan dikumpulkan di balai desa, Sabtu (9/9/2023).


Tujuan warga tersebut ialah untuk melaksanakan sedekah bumi yang diadakan setiap tahun dan dilakukan sudah turun temurun.


Selain warga, kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Desa beserta perangkat, Muspika Duduksampeyan serta tokoh masyarakat.


Musiaji selaku Ketua panitia mengucapkan rasa terima kasih kepada warga lantaran pelaksanaan sedekah bumi ini berlangsung lancar dan khidmat. Ia menuturkan, persiapan sedekah bumi ini membutuhkan waktu satu bulan dan rangkaian acaranya ini selalu dilengkapi dengan pagelaran wayang kulit dan campur sari.


" Alhamdulillah selama kita mendatangkan wayang kulit dengan dalang Ki Didik dua tahun berturut-turut antusias masyarakat luar biasa", ujarnya.


Ketika ditemui, Kepala Desa Tirem Sutopo menyampaikan atas nama pemerintah desa, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Tirem atas terselenggaranya sedekah bumi, ini merupakan salah satu cara melestarikan tradisi budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan selama ini.


" Dengan diadakan kegiatan ini semoga warga Desa Tirem selalu diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kemakmuran, adem ayem, tentrem, guyub rukun damai dan sentosa", Tambahnya.


Sedangkan Camat Duduksampeyan Dedy Hartadi menyampaikan apresiasi kepada warga desa karena telah melestarikan budaya leluhur melalui sedekah bumi. Ia juga bangga bahwa Desa Tirem ialah Desa yang masyarakatnya mempunyai tingkat kesadaran hukum tinggi di Kecamatan Duduksampeyan sehingga mendapat apresiasi desa sadar hukum dari Kemenkumham. 


Ditambah, desa ini juga berstatus sebagai desa mandiri. Selain itu, Camat berpesan kepada warga untuk taat membayar pajak. "  Karena pajak yang anda bayar akan kembali lagi ke diri anda yaitu melalui desa yang diperuntukan untuk pembangunan yang ada di desa Tirem," ungkap Camat. (Gus/Rof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads