Breaking

Post Top Ad

9/10/2023

Semarak Kemerdekaan, Dusun Kedungjati dan Dusun Jatisari Gelar Karnaval

Gresik, pojokpudak.com




Ribuan warga padati Jalan Poros Desa (JPD) Babatan untuk menyemarakan karnaval dalam rangka semarak kemerdekaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI)  ke - 78, yang di gelar oleh Karang Taruna (Kartar) Tunas Muda bersama dua Dusun Kedungjati dan Dusun Jatisari Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Minggu (10/9/2023) pagi.



Pawai karnaval, yang di ikuti warga Dusun Kedungjati dan Dusun Jatisari, menempuh jarak sekitar 3 kilometer, Start di Dusun Jatisari dan  Finish Dusun Kedungjati dengan diramaikan oleh atraksi tradisional dan door prize. 

Ada tiga RT, namun di masing masing mengeluarkan 2 group. Sedangkan Kartar mengeluarkan 3 group, perangkat satu group. Dalam  satu group kisaran 50 sampai 100 anggota. Kata Kepala Dusun (Kasun) Kedungjati Ki Blego Ardianto.


Bahkan warga dari desa-desa tetangga turut hadir menyaksikan kemeriahan acara tersebut rangkaian panjang peserta karnaval dilepas panitia oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Babatan Harjo Iwan. 

Berbagai replika, hingga kendaraan dengan di lengkapi Sound System besar dan nyaring, dan berbagai kreasi lainnya turut diarak keliling desa. Bahkan antriannya mengular hingga 1 kilometer lebih.


“Dengan diiringi musik dan seni tradisional, peserta karnaval itu rela berjalan kaki sejauh lebih dari 3 kilometer. 


Lebih jauh Ki Blego Ardianto,"Beberapa minggu sebelum digelarnya festival karnaval ini, warga dari masing - masing kelompok masyarakat telah melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari pembuatan kerangka replika yang akan diarak, kostum pengawal, dan berbagai kelengkapan lainnya yang diperlukan sepanjang pelaksanaan karnaval.


Warga pun berbaur antara yang muda dan kaum sesepuh untuk bekerjasama melakukan persiapan hingga pada hari pelaksanaan," Ujarnya.


“Nilai-nilai kegotong - royongan ini patut pula diimplementasikan dalam kehidupan, terutama dalam mensukseskan berbagai program” harapnya.


Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Babatan Harjo Iwan menuturkan," Terus terang kami sangat berterima kasih dan apresiasi yang sebesar besarnya terhadap kedua warga Dusun Kedungjati dan Dusun Jatisari yang telah menyelenggarakan karnaval ini. 


Meskipun karnaval ini di adakan pada bulan September, namun semangat dan antusias masyarakat sangat luar biasa. 


" Karena dengan semangat gotong royong kita sanggup menyelenggarakan karnaval di dua dusun," katanya. 


" Meskipun Pemdes Babatan tidak menyelenggarakan karnaval secara keseluruhan, karena ada kepentingan beberapa hal. Tapi saya salut pada dua Dusun," tegasnya.


Insyaallah kegiatan karnaval ini, menjadi kegiatan rutin atau agenda tahunan.

Perlu di ketahui, dalam pemberangkatan tersebut, di sesi pertama dari Kartar Dusun Kedungjati, di susul oleh Kartar Dusun Jatisari dan Perangkat Desa Babatan yang terdiri dari Sekdes, Kasun Kedungjati dan Kasun  Jatisari. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads