Breaking

Post Top Ad

9/02/2023

Peringati HUT RI ke-78, Pemdes Jombangdelik Gelar Jalan Sehat Dengan Di Iringi Sound System

Gresik, pojokpudak.com


Ada beraneka ragam cara yang dilakukan masyarakat untuk memeriahkan Hari Kemerdekan RI ke 78, diantaranya menggelar Karnaval, Pawai Budaya, Lomba Gerak Jalan, Sholawat, Jalan Sehat dan juga Pagelaran wayang kulit.


Akan tetapi, yang dilakukan warga Dusun Delik Desa Jombangdelik Kecamatan Balongpanggang ini terkesan unik. Warga di perbatasan Gresik dengan Lamongan ini, menggelar serangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI ke 78, di antaranya menggelar "Jalan Sehat Heroik dengan di iringi sound system.


Di ikuti ratusan peserta dari anak, remaja dan orang tua, Jalan Sehat Heroik berlangsung semarak dan meriah. Para peserta dibagi masing-masing RT dan membawa satu mobil pick up berisi sound system. Peserta juga memakai seragam yang bernuansa merah putih.


Sepanjang perjalanan yang dilalui, para peserta terus meluapkan rasa gembira. Berjoget bersama mengikuti alunan musik sound system di atas mobil pick up. Kadang peserta berhenti beberapa menit sambil perform.


Tidak hanya itu, warga sekitar menyambut peserta jalan sehat dengan menyediakan makanan dan minuman secara gratis sepanjang jalan.


"Kegiatan jalan sehat ini merupakan rangkaian kegiatan untuk merayakan hari Kemerdekan RI ke-78 dengan semangat membangun kebersamaan, kekompakan, gotong royong dan menjalin silaturrahmi antar warga," jelas Kades Jombangdelik, Sudarman, Sabtu (02/09/2023).


Masih menurutnya, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Hal ini tercermin dari antusias dan suka cita warga. Bahkan, warga secara spontan menyediakan beragam minum dan makanan ringan gratis untuk peserta jalan sehat.


"Saya sangat mengapresiasi semangat warga. Kegiatan ini, murni swadaya warga untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Kekompakan dan antusias warga sangat luar biasa," ujar Sudarman.


Setelah jalan sehat, nanti malam akan digelar panggung hiburan yang akan menampilkan kesenian tradisional kuda lumping. Para peserta jalan sehat akan mendapatkan kupon dan nantinya akan diundi pada malam panggung hiburan.


"Pentas seni kuda lumping ini merupakan bagain dari cara Pemerintahan Desa (Pemdes) Jombangdelik melestarikan budaya nenek moyang. Kami berharap melalui kegiatan ini, semangat gotong royong dan cinta terhadap Tanah Air bisa semakin mengakar di hati setiap individu terutama warga Desa Jombangdelik," pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads