Breaking

Post Top Ad

9/09/2023

Sedekah Bumi Desa Tulung Berlangsung Meriah Dengan Hiburan Wayang Kulit

Gresik, pojokpudak.com


Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi  Desa Tulung, Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Kegiatan sedekah bumi di laksanakan di Balai Dusun, Sabtu  (9/9/2023) malam.


Sedekah Bumi adalah warisan leluhur yang selalu dijaga oleh warga masyarakat Desa Tulung dengan penuh kebanggaan, sebagai wujud rasa hormat kepada alam dan sebagai bentuk tanggung jawab untuk melestarikan lingkungan. 


Dengan bergandengan tangan warga masyarakat Desa Tulung melaksanakan tradisi sedekah bumi setiap tahun sebagai wujud cinta dan rasa kebersamaan dalam menjaga keseimbangan alam.


Kegiatan sedekah bumi di Desa Tulung dengan mengelar berbagai kegiatan yang diawali dengan, Istighotsah dan doa bersama, Pada malam hari dilanjutkan pagelaran wayang kulit, KI dalang Blego Ardianto dari Kabupaten  Gresik.


Pada siang ratusan warga Desa Tulung berbondong-bondong, datang sambil membawa tumpeng dan juga berbagai makanan lainnya, semua sajian makanan dikumpulkan di Balai Dusun Tulung


Acara sedekah bumi di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Tulung Eko Supangkat, Kepala Dusun (Kasun) Tulung Kusnadi sekaligus selaku ketua panitia sedekah bumi berserta seluruh Anggota panitia sedekah bumi, RT/RW, berserta tokoh masyarakat tokoh agama, dan seluruh warga masyarakat Desa Tulung.


Sementara itu Kasun Tulung Kusnadi disela sela kegiatan, Mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Desa Tulung atas dukungannya dan sumbangsihnya, dengan terselenggaranya kegiatan sedekah bumi ini, ini merupakan salah satu cara meng uri-uri atau melestarikan tradisi budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan selama ini kepada seluruh warga masyarakat Desa Tulung ini.


Dengan diadakan kegiatan sedekah bumi ini semoga warga Desa Tulung ini selalu diberikan keberkahan, kesehatan, keselamatan, kemakmuran dan juga dijauhkan dari marabahaya dan dijadikan Desa Tulung ini, yang adem ayem tentrem guyub rukun dan damai.


Tidak hanya itu Kasun mengucapkan mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat, Desa Tulung apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi berserta seluruh panitia yang lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat Desa Tulung,  Tuturnya.


Ditempat yang sama Kades Tulung Eko Supangkat mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat,  dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, Warga Desa Tulung  kelihatan sangat antusias sekali kompak guyub rukun.


Dengan adanya sedekah, bumi ini harapan kami agar masyarakat Desa Tulung ini saling bersatu padu, bahu membahu kompak guyub rukun dalam membangun dan menjaga sesama yang lainnya. Pungkasnya. (Ura/Dyo).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads