Breaking

Post Top Ad

10/01/2023

KIRAB GUNUNGAN HASIL BUMI IRINGI ACARA SEDEKAH BUMI DESA PANJUNAN

Gresik, pojokpudak.com


Pemerintah Desa (Pemdes) Panjunan, Kecamatan Duduk Sampeyan menggelar acara sedekah bumi, Jum'at (29/9/2023) pagi.


Perwujudan rasa syukur atas barokah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa atas semua yang dilimpahkan kepada masyarakat, berupa hasil panen yang melimpah, hasil tambak serta rasa aman dan damai yang dirasakan oleh masyarakat.


Kegiatan kebudayaan yang sudah menjadi ciri khas dari warga Desa Panjunan diawali dengan kirab gunungan hasil bumi dan berbagai macam jenis tumpeng, diarak keliling di lingkungan desa, warga masyarakat secara bergantian mengangkat gunungan, yang menandakan sifat dari gotong royong menuju tempat acara di Balai Desa Panjunan.


Warga masyarakat yang sudah berkumpul di Balai Desa dengan tertib mengikuti rangkaian acara, setelah pembacaan do'a yang dipimpin tokoh agama setempat, warga saling berebut gunungan yang sudah diletakkan di balai desa.


Kepala Desa (Kades) Panjunan Nursilah sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat yang hadir pada kegiatan sedekah bumi.


"Dengan cara gotong royong setiap RT menyiapkan itu semua dan mereka semua menyiapkan mulai sore dan di lembur sampai malam", ujar Kades.

Dikesempatan itu, Kades Panjunan Nursilah juga mengingatkan kepada warga masyarakat untuk saling bahu membahu dalam membangun desa.


"Tanpa dukungan dari masyarakat Pemerintah Desa tidak bisa berbuat apa-apa, mari kita bangun desa ini bersama-sama", kata Kades Nursilah.


"Dan dengan dukungan panjenengan semua, Insyaallah acara sedekah bumi ini kita adakan lagi tahun depan dengan lebih meriah", pungkas Kepala Desa. (Gus/Rof).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads