Breaking

Post Top Ad

10/29/2023

Maknai Sumpah Pemuda, Kartar Tanggulrejo Gelar Seminar Kepemudaan

Gresik, pojokpudak.com


Memaknai hari sumpah pemuda, Kartar Desa Tanggulrejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Jawa Timur menggelar seminar kepemudaan.


Seminar hasil kolaborasi Pemdes Tanggulrejo dan Kartar Tanggul Bersatu ini berlangsung gayeng.


Para peserta antusias dan bersemangat mengikuti acara yang berlangsung di gedung serbaguna desa setempat pada, Sabtu (28/10/2023) pagi.


Dua narasumber berkompeten hadir di antaranya Anggota DPRD Gresik M Syahrul Munir dan Kabid Pelatihan BPVP Sidoarjo, Daviq Romadhon. Seminar itu juga dimoderatori Kades Tanggulrejo, Abdul Karim Aly.


Dalam kesempatan ini, Kades Karim Aly mengatakan tujuan diadakannya seminar agar para pemuda bersiap dalam menghadapi perkembangan zaman.


"Pemuda yang mau terjun dan sedang mencari dunia kerja, oleh karena itu pemuda desa harus mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang dunia kerja," katanya.


Karim menyatakan, pemuda Tanggulrejo harus memiliki gambaran performa industrialisasi Gresik dalam lima tahun ke depan.


Yang tak kalah penting, terang dia, pemuda Tanggulrejo juga harus memiliki orientasi keahlian yang jelas dan spesifik sehingga bisa berperan aktif kepada dunia industri.


"Kami juga berharap Karangtaruna bisa memberi kontribusi rumusan program dalam musrenbangdes yang terumuskan secara sistimatis setiap 5 tahunan," imbuhnya.


Sementara, Syahrul Munir berbicara soal pentingnya mengasah skill bagi pemuda di era industrialisasi menuju Gresik 2030. Dia pun mendorong pemuda Tanggulrejo bisa memiliki sertifikasi keahlian sebelum terjun ke dunia kerja.


Syahrul yang juga putra Desa Tanggulrejo ini mengungkapkan pelatihan sudah ada di Perbub Gresik 20 tahun 2022 tentang ketenagakerjaan.


"Jadi kita sebelum hardskill softkill juga harus punya, minimal punya mindset inisiatif, tidak pasif sebagai pekerja, Karena kedepannya kita akan bersaing di dunia industri," imbuh dia.


Narasumber lain, M. Daviq berharap pemuda Desa Tanggulrejo mempunyai branding kompeten dari berbagai bidang las, K3 dan lain sebagainya.


"Nanti kebutuhan pelatihan kompetensine bisa disupport BPVP Sidoarjo," imbuhnya.


Melalui seminar ini, Daviq berharap agar pemuda desa tak kalah dengan pemuda yang hidup di perkotaan. Yang, tentunya memiliki lingkungan yang representatif.


"Harapannya pemuda desa desa lebih aktif dan kreatif dalam dunia kerja," ujarnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads