Breaking

Post Top Ad

10/31/2023

Sedekah Bumi Desa Laban, Serda Hasan Kawal Kegiatan Kirab Budaya

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil 0817/04 Menganti, Serda Hasan melaksanakan pengamanan prosesi Kirab Budaya dalam rangka Sedekah Bumi Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Selasa (31/10/2023).


Menurut keterangan dari sesepuh desa, kegiatan tersebut merupakan tradisi ataupun adat istiadat yang dilaksanakan setiap tahunnya, guna melestarikan kebudayaan tradisional agar tidak luntur dengan perkembangan kemajuan zaman. 


Babinsa Serda Hasan mengatakan, Kirab Budaya diikuti oleh Kepala Desa Laban beserta perangkat desa, Ketua BPD beserta anggota, Toga, Tomas, Bhabinkamtibmas, Ibu-ibu penggerak PKK dan para warga sekitar 450 orang.


"Saya bersama Babinkamtibmas berupaya menertibkan jalannya kegiatan Kirab Budaya," ucapnya sambil mengatur pengguna jalan raya.


Tampak kegiatan Kirab Budaya berlangsung cukup meriah, dengan adanya arak-arakan tumpeng besar yang dibawakan masing-masing RT di wilayah Desa Laban. Tumpeng-tumpeng inilah nantinya yang akan bermuara ke Balai Desa.


"Maka dari itu, patutnya kita bangga dan bersyukur dengan adanya kegiatan Kirab Budaya dalam rangkaian Sedekah Bumi. Harus tetap dilestarikan dari generasi ke generasi," tutur Babinsa Serda Hasan.


Selain menjadi suatu tradisi dan kearifan lokal, juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan hasil bumi yang melimpah dan menjadi suatu harapan warga masyarakat agar wilayah Desa Laban dijauhkan dari musibah dan wabah penyakit. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads