Breaking

Post Top Ad

11/07/2023

Tingkatkan PAD, Kades Abdul Majid Bakal Bangun Wisata Desa

Gresik, pojokpudak.com


Guna untuk meningkatkan perekonomian dan menopang Pendapatan Asli Desa (PAD) Kepala Desa (Kades) Boboh Kecamatan Menganti Abdul Majid akan melakukan inovasi destinasi baru dengan membangun wisata berbasis waduk berukuran 5.000 M2 di Dusun Gantang Desa Boboh Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Para pengunjung nantinya bisa memancing di waduk seluas setengah hektare tersebut dan langsung menikmati hasil pancingannya.



Rencana pembangunan wisata waduk oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Boboh yang telah masuk dalam program Desa, disambut baik oleh masyarakat Desa setempat karena wisata ini memiliki manfaat besar terhadap masyarakat dan juga sebagai sumbangsih pendapatan asli Desa. Kata Abdul Majid, Senin (6/11/2023)



Menurut Abdul Majid  destinasi wisata waduk itu akan berdiri di atas lahan kurang lebih 5000 m2 yang digarap untuk dimanfaatkan  membuat destinasi wisata waduk, namun tidak menutup kemungkinan jika perkembangannya ada kemajuan, maka akan dikembangkan lagi,” jelasnya.




Alasan kades membikin desa wisata, dimana kita bercermin dan bermula dari desa yang lain yang seakan berlomba lomba untuk menciptakan wisata desa. Oleh karena itu kami selaku kades Boboh khususnya di Dusun Gantang ini kita buat wisata kuliner beserta yang lainnya supaya nantinya di sini agar kedepan nantinya bisa dapat PAD, tidak melulu pada yang lainnya. 



Oleh karena itu kita berharap wisata ini dapat memperoleh dan meningkatkan adanya BUMDes.


Lebih lanjut ia menjelaskan, konsep Sentra Wisata Kuliner nantinya adalah warung panggung atau warung apung yang dibangun dengan material beton (cor) dan papan atau bambu.



Disamping itu Abdul Majid juga menjelaskan, untuk membangun destinasi wisata waduk itu akan menelan  anggaran sekitar 1 milyar.



Dengan itu, Abdul Majid  berharap kedepannya Destinasi wisata waduk ini selain menjadi Ikon desa Boboh, wisata waduk ini bisa menampung UMKM yang memiliki potensi besar untuk mendongkrak perekonomian,” pungkasnya. 




Di tempat yang sama Camat Menganti  Susilo sangat mengapresiasi dan mendorong semua ide kreatif yang akan memberi kemajuan di Desa. Karena apa bila wisata desa itu berkembang secara otomatis  ekonomi masyarakat bakal meningkat pula. 



Untuk itu kami berharap kepada desa yang berada di wilayah Kecamatan Menganti, supaya nantinya terus berinovasi, terus mengembangkan kreasi agar bagaimana potensi potensi yang berada di masyarakat bisa berkembang guna memajukan desa itu sendiri. Tambahnya.



Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Ridwan mengatakan," terus terang saya sangat bangga atas inovasi Pemdes Boboh, dengan mengali potensi desanya apa itu kuliner, wisata desa atau UMKM dalam rangka menghasilkan atau mencari PAD. Jadi kedepannya supaya desa tidak tergantung pada APBN atau APBD Kabupaten.



Adanya inovasi seperti ini juga baik, tentunya kami sangat mendukung, namun kami minta agar nantinya bisa di kelola dengan baik dan terarah. Supaya wisatanya bisa maju, entah nanti wisatanya bekerjasama dengan BUMDes.



Kami berharap agar tidak hanya sekedar desa berlomba lomba untuk menciptakan desa wisata. Tetapi dalam pelaksananya harus di hitung betul, biar tidak setelah di bentuk atau ada desa wisata tapi tidak aktif atau vakum. 



Untuk itu Mujid Ridwan berharap bisa di kelola dengan baik seperti wisata yang sudah ada di wilayah Menganti. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads