Breaking

Post Top Ad

12/05/2023

Cegah Banjir Sertu Hadi Bersama Warga Binaan Bersihkan Saluran Air

Gresik, pojokpudak.com


Bersama para warga setempat, para anggota Koramil 0817/02 Wringinanom melaksanakan kegiatan karya bhakti membersihkan saluran air di tepian sungai depan Makoramil 0817/02 Wringinanom, Jl. Raya Wringinanom No.327, Selatan, Sumengko, Kec. Wringinanom, Kabupaten Gresik. Selasa (5/12/2023).


Hal ini dilakukan dengan menggunakan mesin pemotong rumput untuk menebas rerumputan maupun tumbuhan yang menutupi laju aliran air sungai supaya tetap lancar. Apalagi awal musim hujan telah tiba, pembersihan dilakukan guna mengantisipasi luapan air agar tidak terjadi banjir.


"Kapasitas aliran air saat musim hujan semakin tinggi, sehingga kita lakukan pembersihan untuk memperlancar laju air agar tidak meluap ke jalan hingga masuk Makoramil," ungkap Sertu Hadi.


Dengan dibantu juga oleh para rekan sesama Babinsa, ia menggiatkan kegiatan pembersihan saluran air di tepian sungai ini untuk mengawali dan memberikan contoh supaya para warga masyarakat melakukan hal yang sama. Demi kelancaran aliran air, juga sebagai upaya bersama untuk mengantisipasi agar tidak dilanda banjir.


Menurutnya, menjadi salah satu faktor penyebab banjir ialah saluran air yang tersumbat akibat rerumputan dan tumbuhan yang menghalangi laju air, serta kurangnya kesadaran warga masyarakat dalam membuang sampah ke dalam sungai yang mengakibatkan terjadinya sumbatan laju air.


"Dengan adanya karya bhakti ini, mari kita sadari bahwa sungai bukanlah tempat untuk pembuangan sampah," ungkap Babinsa Sertu Hadi.


Pembersihan saluran air ini akan lebih dimaksimalkan agar wilayah teritorial Koramil 0817/02 Wringinanom khususnya di sekitaran Kantor Koramil tidak terjadi banjir. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads