Breaking

Post Top Ad

2/06/2024

Kapten Arh Kuntoko : Enam Desa Terendam, Karena Luapan Kali Lamong

Gresik, pojokpudak.com





Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Lamongan, Mojokerto dan Gresik Selatan pada Senin 5 Februari 2024 malam. membuat Enam Desa di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik bagian selatan terendam banjir.


Banjir tersebut karena luapan Kali Lamong, air tidak bisa menampung debit air hingga menyebabkan enam Desa terdampak banjir. Keenam Desa tersebut yakni Desa Pucung, Sekarputih, Dapet, Banjaragung, Wotansari dan Desa Karangsemanding. 


Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Arh Kuntoko mengatakan banjir yang menggenangi enam Desa tersebut akibat dari curah hujan yang deras dari Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Mojokerto. Kedua Kabupaten tersebut berbatasan dengan Kecamatan Balongpanggang. Katanya Selasa 6 Februari 2024 malam. 


"Jika di dua Kabupaten tersebut hujan deras, dipastikan Desa-Desa di dekat Kali Lamong banjir, seperti hari ini. 


Akibat hujan deras pada Selasa malam tersebut, kali Lamong tidak bisa menampung debit air hingga tumpah," katanya. 


Lebih jauh Danramil mengatakan, air tumpahan Kali Lamong mulai datang pukul 11.45 Wib. Hingga menyebabkan beberapa sawah, ladang dan rumah warga tergenang air.


"Ketinggian air yang menggenangi mencapai 20 cm hingga 60 cm. Membuat are pertanian seperti sawah, ladang, jalan Desa dan jalan poros Desa tergenang. 


Dengan merambahnya air tersebut Danramil Kapten Arh Kuntoko menghimbau agar masyarakat wilayah Kecamatan Balongpanggang khusunya pada desa yang berdekatan kali lamong supaya waspada, mengingat air sudah masuk ke persawahan dan pemukiman.


Kepada Pemerintah Desa (Pemdes) atau perangkat desa agar tetap pantau perkembangan di desa masing masing dan selalu berkoordinasi. 


Dengan adanya banjir ini kami berharap masyarakat lebih waspada, terhadap banjir ini, jangan sampai ada korban jiwa.


Pe


rlu di ketahui, hingga sampai hari ini, hujan masih terus turun di wilayah teritorial Kecamatan Balongpanggang. 


Saat pengecekan tersebut, selain Danramil 0817/08 Balongpanggang Kapten Arh Kuntoko dan dua anggota, terlihat pula Kasie Trantib Balongpanggang Nur Sehat dan tiga anggota kasie trantib Balongpanggang. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads