Breaking

Post Top Ad

6/08/2024

Warga Dusun Slempit Gelar Sedekah Bumi Empat Hari Empat Malam

Gresik, pojokpudak.com


Warga Dusun Slempit kembali menggelar acara tahunan perayaan sedekah bumi, tradisi sedekah bumi ini, adalah suatu tradisi turun temurun dari leluhur yang dilaksanakan tiap tahun setelah panen raya sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas  keberhasilan atau melimpahnya hasil bumi khususnya di bidang pertanian, dan juga bertujuan untuk nguri-uri/ melestarikan budaya jawa yang diwariskan para leluhur terdahulu.


Tradisi sedekah bumi di Dusun Slempit ini, sangat meriah sekali digelar, Empat hari empat malam, awal prosesi sedekah bumi dimulai pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2024, menggelar hiburan orkes melayu di hari Kamis 6 Juni dilanjutkan dengan hiburan kuda lumping (Kepang), sedangkan di hari jumat 7 Juni 2024, dilanjutkan dengan hiburan gebyar kesenian asli Jawa timuran, pagelaran  wayang kulit, hari sabtu 8 Juni 2024 dipuncak acara menggelar pengajian umum.


Kegiatan sedekah bumi tersebut digelar di pendopo balai Dusun Slempit Desa Slempit Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik di hadiri oleh Kepala Desa (Kades) Slempit Suyitno, Sekdes Kuspriadi, Kepala Dusun (Kasun) Supriadi sekaligus sebagai Ketua panitia sedekah bumi, berserta seluruh panitia sedekah bumi, Bhabinkamtibmas Desa Slempit, Aipda Supriadi, dan Babinsa, Serda Heru Wiliyanto, BPD, RT, RW, dan tokoh masyarakat juga tokoh agama berserta seluruh warga masyarakat Dusun Slempit.


Selanjutnya seluruh warga berduyun duyun membawa ambeng tumpeng dan nampan yang berisi makanan maupun jajan lainnya menuju ke punden joho. Setelah itu seluruh warga berkumpul jadi satu menaruh tumpeng tersebut menjadi satu, Setelah itu dilaksanakan,  (doa bersama).  


Kemudian pada malam harinya panitia sedekah bumi menyuguhkan hiburan pagelaran seni budaya asli Jawa Timuran, wayang kulit live semalam suntuk dengan menghadirkan, Ki dalang Suparto dari Karang Asem Kabupaten Gresik.


Sementara itu Kasun Slempit Supriadi sekaligus panitia sedekah bumi dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh warga Dusun Slempit atas dukungan sumbangsih dan partisipasinya sehingga kegiatan sedekah bumi di Dusun Slempit ini bisa terlaksana dan berjalan lancar.


Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini merupakan wujud syukur dari seluruh warga masyarakat Dusun Slempit atas nikmat dari, Allah SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya.


Mudah mudahan dari wujud syukur ini, warga Dusun Slempit tetap diberkahi, banyak rezeki serta diberikan kesehatan, dan dijauhkan dari segala musibah dan dijauhkan dari segala marabahaya. Tuturnya.


Di samping itu Supriadi mengucapkan mohon maaf kepada seluruh masyarakat, Dusun Slempit apabila dalam kegiatan sedekah bumi di tahun 2024 ini, ada kekurangan dan kesalahan sekali lagi saya pribadi mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat Dusun Slempit Desa Slempit ini. Tuturnya.


Ditempat yang sama Kades Slempit Suyitno dalam sambutannya," Mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa tradisi Sedekah bumi .asih terus dilestarikan oleh warga masyarakat Dusun Slempit Desa Slempit ini secara gotong royong. Dan seluruh warga kelihatan kompak guyub rukun dan sangat antusias sekali dengan adanya sedekah bumi ini.


Dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Slempit kepada Allah SWT atas limpahan berkah, rezeki yang berupa materi maupun rezeki keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkannya semoga warga masyarakat Dusun Slempit senantiasa dan sejahtera.


Kami atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Slempit Kades mengucapkan terima kasih yang sebanyak banyaknya kepada seluruh warga masyarakat Dusun Slempit atas partisipasinya dan  mendukung kelancaran kegiatan sedekah bumi ini. Mudah mudahan dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, apa yang kita sedekahkan semoga berkah dan bermanfaat.


Kades juga mengucapkan terima kasih kepada ketua panitia dan seluruh panitia sedekah bumi ini, atas kinerjanya dalam pelaksanaan kegiatan sedekah bumi di Dusun Slempit ini bisa berjalan lancar. Dan memohon doa kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dalam program- program pembangunan yang ada di Desa Slempit ini sehingga kedepannya Desa Slempit ini semakin maju dan masyarakatnya sejahtera. Pungkasnya. (Ura/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads