Breaking

Post Top Ad


9/03/2018

PETANI SEMANGKA DI BEBERAPA KECAMATAN KABUPATEN JOMBANG RESAH DENGAN SERANGAN HAMA TIKUS

Jombang, pojokpudak.com


Petani buah semangka, melon dan blewa di beberapa Kecamatan yang berada di Kabupaten Jombang di buat resah sedang adanya serangan hama tikus.

Seperti yang terjadi di kecamatan Megaluh, Tembelang, Plandaan dan yang lainnya dari pantauan awak media banyak tanaman buah semangka yang masih berusia kurang lebih 45 hari begitu pula buah Blewah (garbis) yang mulai berbuah sebesar kepalan tangan habis di makan tikus.

Baru Wicahyo salah satu petani semangka yang berada desa Balonggemek kecamatan Megaluh mengatakan."semangka saya yang masih tumbuh di usia 40 hari batangnya banyak yang di makan tikus hingga tak tersisa, dan beberapa kali menanami kembali dengan menyulami tanaman yang mati begitu tumbuh yang terjadi malah sama." Ucapnya pasrah

" Hingga dirinya rela bermalam di sawah bersama beberapa petani yang juga menanam semangka untuk berburu tikus  baik dengan menggunakan insektisida dan yang lainya tikusnya tidak takut malah mengamuk tikusnya" Tambah baru sambil tersenyum.

Di tempat terpisah Suyanto petani melon juga merugi karena serangan hama tikus yang telah merusak tanamannya yang sudah berbuah, sambil menunjukan buah yang di makan tikus.

Hal serupa juga terjadi di beberapa kecamatan seperti halnya yang di ucapakan Kiswanto petani buah asal Desa Gebang bunder kecamatan plandaan saat awak media melihat tanaman ke sawahnya. Pungkasnya. (Ary/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads