Breaking

Post Top Ad

10/08/2019

Dengan TPS Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat

Gresik, pojokpudak.com

Upaya mengurangi bahaya sampah, dan bauh tidak sedap tentu saja banyak desa yang membikin bangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS), salah satunya Desa Raci Wetan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik.


Pembangunan TPS di Desa Raci Wetan tersebut bertujuan untuk kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan. Kata Kepala Desa Raci Wetan H. Shodiqin, M.Pd. Selasa (8/10/2019) Pagi di kantornya.



Dia menyampaikan, jika Desa Raci Wetan adalah desa yang memiliki dua Dusun diantaranya Dusun Raci Wetan dan Dusun Raci Delanyar.


Dan memiliki luas wilayah sekitar 430 Ha, yang terdiri 273 Ha sektor  pertanian dan tambak sekitar 94 Ha sisanya pemukiman.


Dengan adanya pembangunan TPS ini, kedepan saya berharap masyarakat bisa berperan aktif dalam pengelolaan sampah ini, untuk sama-sama wujudkan lingkungan yang bersih,” Jelasnya.


Dan TPS ini banyak bermanfaat bagi warga desa, serta bisa meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bank sampah yang digagas oleh pemerintah desa nantinya.


“Semoga hubungan baik antar pemerintahan desa dan masyarakat bisa terus terjalin, sehingga mampu menciptakan pembangunan yang inovatif juga bermanfaat.


Masih H. Shodiqin, M.Pd menjelaskan, bahwa dengan adanya pembangunan TPS di Desa Raci Wetan tersebut, merupakan langkah awal dalam meminimalisir produksi sampah.


“Saya sudah konsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk daur ulang sampah, karena kedepan kami akan kelola untuk membikin pupuk organik, agar nantinya bisa tingkatkan perekonomian desa, untuk pemanfaatan lingkungan limba, karena selama ini sampah banyak yang berserakan, untuk itu kita tata agar nantinya masyarakat merasa nyaman. Tegasnya. (Dyo/Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads