Breaking

Post Top Ad


4/21/2020

Hadapi Penyebaran Pandemi COVID-19, Masuk Desa Mojogede Harus Mengisi Buku Tamu, Tes Suhu Tubuh Dan Di Semprot

Gresik, pojokpudak.com

Guna hadapi penyebaran pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19 menjadi tugas bersama. Tidak terkecuali juga para Relawan Desa Tanggap COVID-19, mereka juga berperan menjadi garda depan di wilayah desa seluruh Indonesia.


Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Dusun Karangwungu Desa Mojogede, Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik.


Pagi itu, suasana tidak seperti biasanya. Para pemuda terlihat sigap berjaga-jaga di pintu masuk. Mereka memperketat warga setempat dan juga pengunjung keluar-masuk kampung.


Sebelum masuk, warga lokal diwajibkan cuci tangan, tes suhu tubuh. Dan bagi pengunjung diwajibkan cuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Terlebih dahulu diwajibkan tes suhu tubuh, mengisi buku tamu (Didata) dan disemprot disinfektan otomatis.


Untuk warga yang baru datang dari perantauan diwajibkan untuk melapor. Kata Kepala Desa Mojogede Ngadiono, Selasa (21/4/2020) Pagi.



Sementara di pos penjagaan, mereka memasang spanduk yang berisi himbauan-himbauan. Selain itu, ada juga poster yang menunjukkan tata cara mencegah penyebaran Covid-19.


Suasana seperti ini sudah berjalan tiga minggu lebih seiring semakin mewabahnya pandemi COVID-19. “Untuk warga yang datang dari ladang tidak disemprot, mereka hanya disuruh cuci tangan. Mau alhamdulillah kalau tidak mau juga tidak apa-apa,” ujarnya.


Cara ini dilakukan untuk meminimalisir pergerakan warga supaya tidak keluar-masuk sembarangan. Apalagi di desa yang mayoritas masyarakatnya berbagai profesi.


“Alhamdulillah, masyarakat sini banyak yang mendukung. Bahkan selalu ada yang mengirim makanan dan minuman untuk penjaga supaya kerjanya benar-benar maksimal,” Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads