Breaking

Post Top Ad


8/20/2020

Wongso Negoro : Pelatihan Membatik Sibori Di Pura, Guna Mendorong UKM Berkembang Dan Desa Wisata

Gresik, pojokpudak.com


Pengenalan aneka jenis kain, cara melipat, mengikat, dan mencelup pewarna, membuat kain batik Sibori ini semakin menarik, dan semakin terasa seni nya, kalau para remaja dan ibu ibu ini di bimbing yang lebih serius lagi, maka dampak perekonomian bagi masyarakat luas akan semakin bagus dan berkembang, demikian disampaikan Anggota DPRD Gresik Wongso Negoro seusai pelatihan membatik Sibori di Pura Kerta Bumi, Bongso Wetan, Kamis (20/8/2020).


" Batik Sibori ini cukup mudah dan simpel dalam pembuatannya, prosesnya cepat, hasilnya semakin terasa seninya, dan kami berharap kepada pembimbing untuk pelatihan yang lebih lanjut terkait proses dan mode batik, termasuk kiat dalam penjualan, kami berharap bisa tumbuh UKM dalam pembuatan batik, dan kedepan bisa menjadikan desa wisata karena produksi batik," jelas Wongso.


Salah seorang peserta membatik Sibori Kadek Rindi (33) menyatakan rasa tertariknya dari proses pembuatan batik yang lumayan cepat dan hasilnya mempunyai nilai seni kreasi yang cukup tinggi " Kami beserta ibu ibu dan remaja putri di pura ini akan lebih giat belajar dan sekaligus untuk memproses pembuatan batik Sibori ini, setidaknya langkah awal untuk seragam di lingkup pura, ke depannya bisa kita jual kepada warga masyarakat luas," jelas ibu dengan sejuta harapan.


Pelatih dari kegiatan membatik Sibori ini adalah Ny Henny Eka Ferdian alias Amik dengan tekun dan bersemangat memberikan contoh dan sekaligus praktek pembuatan batik bagi jemaat 4 pura, yaitu : Bongso Wetan, Bongso Kulon, Laban, dan Biodo.


 " Bagi kami, menularkan ilmu kepada masyarakat itu adalah bagian dari amal baik, dan kami akan membimbing pribadi atau kelompok masyarakat untuk menggeluti dunia batik termasuk penjualannya, dan semakin banyak kelompok masyarakat yang menekuni, usaha akan semakin berkembang," jelas Amik. (Ali/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads